Offside.co.id

Ada yang Irasional, Aturan Pemain Asing Di Cina Diubah

Senin 16 Januari 2017 14:26 WIB

Offside.co.id – Sepak bola Cina belakangan jadi perhatian dunia. Bukan soal prestasi timnasnya namun lebih pada kemampuan finanlsial klub-klub negeri tirai bambu itu. Klub-klub papan atas mereka, berani jor-joran beli pemain asing.

Shanghai SIPG misalnya. Mereka sukses menggaet gelandang asal Brasil, Oscar, dengan harga 52 juta pounds. Lalu Shanghai Shenhua merekrut Carlos Tevez dengan banderol gaji termahal di dunia. Tevez mendapat bayaran hingga 615 pounds per-pekan. Jumlah ini atau melebihi bayaran Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Gareth Bale.

Menilik fenomena itu, Juru bicara Departemen Olahraga China menyatakan pemerintah akan mengevaluasi dan mengawasi pergerakan klub-klub Cina dalam belanja pemain. Pemerintah Cina melihat bahwa yang terjadi belakangan ini hanya aksi membakar uang.

Lebih lanjut pemerintah Cina akan menyiapkan peraturan untuk membatasi nilai maksimal transfer dan gaji pemain serta ingin mengendalikan ‘investasi irasional’. “Kami juga akan mencoret klub-klub yang keuangannya bermasalah dari liga profesional,” kata juru bicara tersebut.

Perubahan soal jumlah pemain asing juga akan diubah. Seperti dilansir dari AFP, klub-klub peserta kompetisi tertinggi di Cina nantinya, hanya boleh memainkan tak lebih dari tiga pemain asing per pertandingan. Aturan ini berlaku pada musim baru yang akan digelar pada Maret 2017.

Sebelumnya, tim-tim Cina diizinkan memainkan maksimal empat pemain asing per laga. Hanya saja, salah satunya berasal dari negara anggota konfederasi sepak bola Asia (AFC).

(Visited 250 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni