Offside.co.id

Belanda Makin Terpuruk, Jatah ke Antarklub Eropa Berkurang!

Minggu 10 Desember 2017 04:11 WIB

Offside.co.id – Sudah jatuh tertimpa tangga. Itulah pepatah yang pas buat persepakbolaan Belanda. Setelah timnas “Oranye” gagal ke Piala Dunia 2018, kini giliran klub-klub Belanda kehilangan banyak wakilnya di ajang antarklub Eropa musim depan.

Kinerja klub Belanda yang buruk di Eropa musim ini telah membuat Eredivisie atau Liga Belanda secara resmi kehilangan tempat otomatis di babak grup Liga Champions.

Dominasi wakil Belanda di Eropa, Feyenoord (Liga Champions) dan Vitesse (Liga Europa) berakhir awal pekan ini, setelah hasil koefisien UEFA yang mengkonfirmasikan bahwa peringkat Belanda telah tergelincir ke urutan 12, di belakang Swiss.

Feyenoord yang bersaing di Grup F Liga Champoions bersama Manchester City, Shahktar Dontesk, dan Napoli, gagal lolos dari fase grup setelah menduduki juru kunci. Sementara Vitesse gagal di persaingan Grup K Liga Europa yang berisikan Lazio, Nice, dan Zulte Waregem. Seperti halnya Feyenoord, Vittese juga berada di posisi paling buncit.

Musim depan, praktis hanya satu klub Belanda yang lolos ke Liga Champions. Itupun harus melewati babak kualifikasi. Sementara itu, mulai 2019, pemenang Piala KNVB tidak lagi secara otomatis lolos ke Liga Europa, melainkan harus melalui dua babak kualifikasi terlebih dahulu.

Musim ini merupakan tahun pertama sejak 1998 klub Belanda gagal mencapai tahap akhir kompetisi Eropa. Sebuah pukulan keras bagi dunia persepakbolaan Belanda, negara yang banyak melahirkan pemain-pemain top seperti Johan Cruyff, Marco van Basten, Ruud Gullit, Frank Rijkard, Denis Bergkamp, Patrick Kluivert, dan Robin van Persie. (IZZAT/KS)

(Visited 226 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo