Offside.co.id

5 Alasan Madrid Pilih De Gea, bukan Curtois atau Donnarumma!

Senin 3 April 2017 11:50 WIB

Offside.co.id – Real Madrid kini tak lagi pusing menetapkan kiper incaran pada bursa transfer musim panas 2017. El Real tampaknya menetapkan pilihan pada David De Gea (26), kiper Manchester United.

Sebelumnya, ada dua kiper lain yang menjadi opsi lain, yakni Thibaut Curtois (Chelsea/24 th) dan Gianluigi Donnarumma (AC Milan/18 th). Boleh dibilang, dari sisi kualitas mereka sekelas. Hanya Donnarumma yang sedikit agak kurang dalam jam terbang.

Ada 5 alasan kunci kenapa Los Blancos akhirnya memilih De Gea. Mereka kini hanya fokus untuk memboyong idola publik Old Trafford tersebut. Berikut analisis wartawan Offside, Sigit Nugroho, terkait hal tersebut.

 

1. Faktor Ikatan Nasionalisme

Sebagai warga negara Spanyol, David De Gea tentu lebih disukai membela Real Madrid, yang selama ini mendominasi pasokan pemain ke timnas Spanyol (bersama klub rival, Barcelona). Terlebih Madrid adalah ibu kota Negeri Matador tersebut. Sejak satu dekade lalu (di era sebelumnya), jatah kiper timnas Spanyol jadi langganan Real Madrid.

Nama Iker Casillas yang kini meneruskan karier di Liga Portugal, masih sangat melegenda. Begitu ia “dipaksa” pensiun dari timnas, Casillas selalu menyebut De Gea sebagai penerusnya yang paling pas. Skill, visi, ketenangan, dan pengalaman, jadi indikatornya.

 

2. Intervensi Cristiano Ronaldo

Ide Real Madrid untuk memasukkan nama Donnarumma sebagai salah satu opsi pengganti Claudio Bravo, langsung dimentahkan oleh veto Cristiano Ronaldo. Menurut laporan Don Balon, alasan CR7 melakukan intervensi pilihan terhadap kiper muda Italia itu semata faktor agen.

Diketahui, Donnarumma diwakili agen top Mino Raiola, yang jelas jadi rival Jorge Mendes, manajer sekaligus sahabat Ronaldo. Bermasalah dengan CR7 gara-gara penetapan kiper, jelas tak sehat buat Madrid. Bagaimanapun, Ronaldo adalah roh El Real, tak peduli di sana ada pemain top lain macam Gareth Bale ataupun Karim Benzema.

(Visited 1.081 times, 5 visits today)
Editor: Sigit Nugroho