Offside.co.id

5 Alasan Ronaldo Balik ke Old Trafford!

Sabtu 17 Juni 2017 10:06 WIB

Offside.co.id – Tuduhan penggelapan pajak oleh otoritas Spanyol amatelukai hati superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo (32). Niat pergi dari La Liga pun terucap.

Media Portugal, A Bola, mengkonfirmasi jika CR7 sudah mengontak bos El Real, Florentino Perez agar menjualnya musim panas ini. Karena tak bisa diredakan, menjual Ronaldo pada puncak prestasi dan harga tertinggi pun jadi opsi.

Banyak peminat, tapi hanya terkuat mengerucut pada 2 klub: Manchester United dan Paris Saint-Germain. Merekalah yang bisa menebus mahar £157,5 juta (Rp 2,7 triliun) konon sudah dirilis Los Blancos.

Pemilik PSG, Nasser Al Khelaifi, pengusaha minyak asal Timur Tengah, deketahui fans berat CR7. Ia punya hubungan baik dengan Florentino Perez. “Mendatangkan Ronaldo adalah impian. Saya akan hubungi Florentino,” ujar Al Kheilafi.

Tapi, peluang MU memulangkan Ronaldo ke Old Trafford juga besar, sekalipun Daily Star menulis jika CR7 bilang takkan kembali ke Manchester. Yang ada hanya “laporan” atau menurut rumor, tanpa kutipan langsung dari sang bintang.

Berikut adalah analisis wartawan Offside, Sigit Nugroho, terkait 5 Alasan Ronaldo Balik ke Old Trafford.

1. Masih Banyak Tantangan

Ronaldo adalah sosok haus tantangan. Setelah jadi top scorer sepanjang masa Real Madrid, ia bisa memburu gelar serupa di MU. Saat ini, pemegang rekor adalah Wayne Rooney dengan 183 gol (2004-2017, 13 tahun).

BACA JUGA :   Chelsea dan Atletico Sepakati Transfer Diego Costa

CR7 sudah menabung 84 gol (2003–2009, 6 tahun). Dengan kematangannya sekarang, ia bisa melewati rekor Rooney. Lain itu, ia juga tertantang mengembalikan MU sebagai raja Liga Inggris.

 

2. Gaji Meroket Tinggi

Saat ini Ronaldo dibayar Real Madrid sebesar £400 ribu per pekan, atau Rp 6,8 miliar. Di MU ia bisa mendapat £500 ribu, yang jika dihitung setahun jadi Rp 408 miliar!

Itu pun belum termasuk image right. Jika ditotal, penghasilannya dari dua sumber itu bisa meroket lebih dari Rp 0,5 triliun setahun! Itu pun di luar sumber atau bisnis CR7 lainnya.

 

3. MU Tak Kesulitan Bayar

Jika betul El Real merilis harga £157,5 juta (bahkan £180 juta seperti pertama kali dikabarkan A Bola), MU akan mudah menebusnya. Dua sumber utamanya sudah jelas, sponsor apparel dan jersey.

Selama ini, tiap kali MU membeli pemain mahal, sponsor ikut campur tangan alias membantu. Imbasnya memang pada penjualan jersey. Lihat saja, jersey Paul Pogba hanya sepekan menghasilkan uang lebih dari harga pembeliannya (rekor transferdunia) sebesar £89 juta!

BACA JUGA :   Madura United Optimistis Menang Lagi

 

4. Dukungan Klub dan Fans

Kekecewaan Ronaldo pada Real Madrid tertuju pada dua hal. Ia menganggap pihak klub kurang memberi dukungan “sepantasnya” saat otoritas pajak Spanyol mencecarnya.

Kekecewaan terparah tertuju pada perilaku fans Madrid. Mereka sering bersiul untuk mengejek bintang-bintang El Real saat klub tak bisa mencetak gol, apalagi kalah. Beda dengan fans MU, yang selalu mendukung klub dan pemain, saat menang, seri, atau kalah!

 

5. Faktor Sir Alex-Mourinho

Kedekatan Ronaldo dengan manajer terdahulu, Sir Alex Ferguson, selama 6 musim membela MU, sangat terasa. Saat CR7 ingin pindah ke Madrid, Ferguson minta agar ia menundanya setahun. Ronaldo pun patuh.

Sikap ini tak sama saat Florentino Perez atau Zinedine Zidane meminta hal yang sama. Soal kedekatan dengan Jose Mourinho-CR7 tak sedekat Fergie-CR7, hal itu bisa dieleminasi. Toh Fergie hampir selalu ada di Old Trafford tiap kali MU bertanding. Ia bagai ayah bagi Ronaldo.

Nah, kita tunggu, apakah MU bisa memulangkannya? Atau PSG menelikung lewat kedekatan dengan presiden El Real? Kita tunggu dalam 2-3 pekan ke depan! (SN)

(Visited 3.336 times, 12 visits today)
Editor: Sigit Nugroho