Offside.co.id

Mou: Pekan Depan Rooney Bisa Ke Cina

Senin 23 Januari 2017 10:33 WIB

Offside.co.id – Jose Mourinho membuat pernyataan mengejutkan. Manajer Manchester United itu menyebutkan jika Wayne Rooney (31) bisa meninggalkan tim Setan Merah pada akhir Januari, alias tujuh hari ke depan. Tanggal 1 Februari 2017 adalah batas akhir penutupan bursa transfer musim dingin.

Seperti dikutip Metro, pelatih asal Portugal itu mengakui bahwa iming-iming uang yang ditawarkan sungguh sulit untuk ditolak. Seperti diketahui, klub Liga Cina, Guangzhou Evergrande dan Beijing Guoan, bersedia memberikan gaji  700 ribu pound per minggu (setara Rp 11,5 miliar) pada kapten Inggris tersebut.

Artinya, Rooney akan mendapat bayaran Rp 46 miliar per bulan asal bersedia merumput di Liga Cina. Jumlah itu sungguh fantastis, sebab di MU, Rooney “hanya” dibayar Rp 4 miliar lebih sepekan, atau Rp 16 miliar sebulan.

Rooney sudah mendapatkan segalanya di Inggris. Ia jadi top scorer sepanjang masa  di level tim nasional (53 gol) maupun klub (250 gol). Namanya akan terus dikenang sebagai legenda. Ban kapten pun masih melekat di lengannya. Jika ia mundur dari hingar-bingar sepakbola Eropa saat ini, situasinya sangat baik.

BACA JUGA :   Madrid Ditantang Al-Jazira di Semifinal

Akan lain jika ia mengambil tawaran ke Cina atau Amerika Serikat (MLS) saat namanya mulai dicampakkan karena kalah bersaing dengan para pemain muda. Klub-klub Cina atau AS yang akan merekrut pun tak akan memberi banderol setinggi sekarang.

Di timnas, ia mulai tergeser oleh Harry Kane dan James Vardy. Di level klub, Rooney kalah pamor dari Zlatan Ibrahimovic, bahkan Marcus Rasford dan Anthony Martial. Andai Antoine Griezmann jadi bergabung, posisi Rooney makin sulit.

Di timnas maupun klub, Ronney semakin akrab dengan posisi gelandang serang, bukan peran aslinya sebagai striker. Karena itulah Mourinho tidak akan terkejut jika Rooney memutuskan untuk  melanjutkan perjalanan kariernya di luar United.

Baca juga: Jadi Leganda MU, Rooney Tetap Rendah Hati

Namun demikian, Mou tetap tak berani memastikan apakah Januari waktu yang tepat bagi Rooney untuk pergi. “Saya tidak tahu, itu terserah dia. Aku tidak ingin menjadi kritis terhadap pemain. Ini karier sekaligus hidup mereka. Uangnya sangat besar. Pengalaman main di Cina bisa sangat menarik,” imbuh Mou, seperti meminta Rooney pergi secara halus.

BACA JUGA :   Persebaya Menangkan "Celebration Game"

Saat didesak media pun Mou tetap tak mau menegaskan sikapnya. “Sejujurnya, dalam kasus Wayne, aku tidak tahu karena dia tidak pernah membicarakan hal itu kepadaku,” tutupnya.

Dua bulan lalu, sesungguhnya Rooney pernah tawaran di Cina. Namun kala itu tawaran gajinya “hanya” 300 ribu pound per pekan. Namun apakah Rooney masih akan menolak gaji 700 ribu pound seminggu?

“Kami pernah melakukan pendekatan dengan bertemu langsung dengan agen Rooney, yakni Paul Stratford. Namun saat itu Rooney ingin bertahan di Manchester United,” ujar Luo Ning, salah satu bos Beijing Guoan. (SN)

 

(Visited 714 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho