Offside.co.id

RESMI! Coutinho Dibeli Barcelona Rp 2,5 Triliun!

Minggu 7 Januari 2018 09:33 WIB

Offside.co.id – Akhirnya, Liverpool dan Barcelona sepakat soal Phillipe Coutinho. “The Reds” sebagai pemilik pemain asal Brasil itu setuju untuk melepas Coutinho ke Nou Camp dengan nilai transfer mencapai 142 juta poundsterling, Sabtu waktu setempat.

Biaya transfer tidak dikonfirmasi secara terbuka, namun sebuah sumber menyebutkan keduanya sepakat di angka 142 juta  pound atau sekitar Rp 2.5 triliun dengan rincian Liverpool menerima  105 juta pound atau sekitar Rp 1.9 triliun, sedangkan sisanya akan dibayarkan ketika Coutinho sudah menunjukkan performanya di Barca.

Nilai sebesar itu termasuk Barcelona telah mengumpulkan paket senilai biaya dasar yakni 106 juta pound, ditambah variabel 36 juta pounds lebih jauh, dimana 26 juta pound harus segera dibayarkan. Setelah biaya awal 105 juta pound, tambahan sebesar 17 juta pound akan dibayarkan untuk 100 pertandingan pertama yang dimainkan Coutinho bersama Barcelona. Rinciannya 4,4 juta pound per 25 pertandingan. Kemudian 4.4 juta pound lebih lanjut akan dibayar untuk kualifikasi Liga Champions dalam dua musim pertama dengan bonus 4,4 juta pound untuk memenangkan kompetisi.

Coutinho menjadi pemain termahal kedua dunia setelah sebelumnya Neymar. Rekan Coutinho di timnas Brasil itu meninggalkan Barcelona untuk Paris Saint-Germain musim panas lalu dengan nilai transfer sebesar 222 juta pound.

Barca mengatakan Coutinho akan menandatangani kontrak lima setengah tahun dengan klausul pembelian sebesar 400 juta pound. Kesepakatan itu masih tunduk pada formalitas termasuk kesepakatan medis dan kesepakatan pribadi.

Sebelum akhirnya menemui kata sepakat, Liverpool telah menolak tiga tawaran Barca sebelumnya dan yang tertinggi sebesar 118 juta pound musim panas lalu setelah Coutinho mengajukan permintaan transfer dengabn klubnya.

Coutinho telah absen karena cedera paha dan berada di antara sejumlah pemain Liverpool yang tidak ikut saat skuat lainnya berangkat ke kamp latihan cuaca hangat di Dubai menyusul kemenangan di Piala FA, Jumat.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa klub tersebut mengucapkan selamat tinggal kepada Coutinho dengan “ketidakterimaan yang luar biasa.”

“Bukan rahasia lagi bahwa Philippe menginginkan langkah ini terjadi sejak Juli, saat Barcelona pertama kali memperlihatkan minatnya,” kata Klopp yang dilansir ESPN.

“Saya dapat memberitahu pendukung Liverpool bahwa klub telah melakukan segalanya untuk meyakinkan Philippe adalah bagian dari LFC. Namun dia tetap ingin pindah ke Spanyol, dia 100 persen yakin masa depannya di Barcelona,” Klopp mengungkapkan. (IZZAT/ARDI/KS)

 

(Visited 96 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo