Offside.co.id

Demi Cruyff, Ajax Amsterdam Akan Mengubah Nama Stadion

Rabu 26 April 2017 10:06 WIB

Offside.co.id – Putusan mengejutkan diambil Ajax Amsterdam. Dalam pernyataan resmi klub, mereka mengubah nama stadionnya. Seperti dikutip dari Sky Sports Selasa (25/4), Ajax telah mencapai kesepakatan dengan Dewan Stadion dan Walikota Amsterdam untuk mengubah Amsterdam Arena menjadi Johan Cruyff Arena.

Perubahan nama itu dikabarkan telah mencuat pasca kepergian Cruyff pada 24 Maret 2016. Tak hanya stadion, ada hal lain yang akan dilakukan untuk menghormati legenda Ajax dan timnas Belanda tersebut.

Selain stadion, Amsterdam juga akan menggunakan nama Cruyff untuk nama jalan, alun-alun, dan jembatan. Bintang sepak bola era 1970-an itu berhasil mengantar Ajax meraih tiga kali juara Eropa, delapan kali juara Liga Belanda, dan dua Piala Liga.

Sekafar informasi, Amsterdam Arena berdiri sejak 1996 dan merupakan stadion terbesar di Belanda. Selain menjadi kandang Ajax, stadion itu juga menjadi kandang tim nasional Belanda. Sementara Cruyff merupakan salah satu legenda hebat Belanda.

Sepanjang kariernya di timnas, Cuyff hadir di 48 pertandingan dan melesakkan 33 gol. Ia bergabung di timnas dari 1966 hingga 1977. Selama berkarier, legenda Ajax dan juga Barcelona ini telah tiga kali memenangi  the Ballon d’Or yakni pada  1971, 1973, dan 1974.

(Visited 49 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni