Offside.co.id

EDAN! Genap 50 Tahun, Legenda Jepang Ini Masih Main di Liga

Senin 27 Februari 2017 05:38 WIB

Offside.co.id – Legenda sepakbola Jepang Kazuyoshi Miura belum habis. Pemain gaek yang sudah pensiun dari karier internasionalnya itu merayakan ulang tahunnya ke-50 dengan bermain pada pertandingan antara klubnya Yokohama FC melawan Matsumoto Yamaga, Minggu (26/2).

Kendati tidak mencetak gol, namun pemain kelahiran Shizuoka 26 Februari 1967 itu tetap gembira karena timnya menang 1-0 dalam laga pembukaan Liga J2 tersebut. Miura pun kembali mencatatkan diri sebagai pemain tertua yang masih bermain di Liga Jepang kasta kedua.

Miura mendapat ucapan selamat dari para fansnya. (Foto: As/AFP)

Januari lalu, mantan pemain Jepang itu kembali memperpanjang kontraknya untuk satu tahun ke depan bersama Yokohama FC. “King Kazu”, julukan Miura, pun tercatat sebagai satu-satunya pemain gaek yang masih berkiprah di Liga Jepang. Sebelumnya Miura mencatatkan diri sebagai pencetak gol tertua di Liga J2 musim lalu, tepatnya Juni 2016. Ia mencetak gol pada usia 49 tahun, tiga bulan, dan 24 hari saat Yokohama FC dikalahkan Gifu 1-2.

Rekor baru kembali dia buat dua bulan kemudian saat dia mencetak gol saat Yokohama dijamu Cerezo Osaka dalam laga yang dimenangkan Cerezo 3-2. Miura mencerak gol saat dia berusia 49 tahun, lima bulan, dan 12 hari.Rekor ini tampaknya masih bisa dia pecahkan lagi karena dia masih akan bermain dalam pertandingan-pertandingan berikutnya.

Miura saat bermain di Genoa (1994-1995).

Miura adalah legenda sepakbola Negeri Matahari Terbit. Dia tercatat sebagai pemain Jepang pertama yang merumput bersama klub Seri A, Genoa pada musim 1994-1995. Karier striker dengan tinggi badan 177 cm itu diawali pada 1986 saat bermain di klub Brasil, Santos.

Selain Santos, pemain terbaik Asia 1993 versi Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) itu juga pernah berkiprah di Palmeiras, Dinamo Zagreb, dan Sydney FC. Miura menyatakan pensiun dari sepakbola internasional 17 tahun lalu setelah bermain dalam 89 kali pertandingan dan mencetak 55 gol di tim nasional Jepang. (KS)

(Visited 237 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo