Offside.co.id

Fatma Samba Diouf Jadi Sekjen FIFA Wanita Pertama

Sabtu 14 Mei 2016 10:50 WIB

KEJUTAN besar dilakukan Presiden FIFA Gianni Infantino. Ia menunjuk Fatma Samba Diouf Samoura asal Senegal sebagai wanita pertama menjadi Seketaris Jenderal FIFA. Fatma Samba menggantikan Sekjen Jerome Valcke, yang dilarang dari kegiatan berhubungan dengan sepakbola selama 12 tahun.

Wanita berusia 54 tahun itu menghabiskan 21 tahun karier dengan bekerja untuk PBB. Ia akan memulai pekerjaan barunya pada bulan Juni. “Sangat penting FIFA menggabungkan perspektif segar karena kami terus berusaha memulihkan dan membangun kembali organisasi kami,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

2790926_xbig-lndInfantino menilai sekjen barunya sebagai sosok yang memiliki kemampuan untuk membangun dan memimpin tim, serta meningkatkan managemen organisasi. “Yang penting untuk FIFA, dia juga mengerti bahwa transparansi dan akuntabilitas adalah jantung dari setiap dikelola dengan baik dan organisasi yang bertanggung jawab,” imbuhnya.

Penunjukan Samoura, diumumkan pada kongres FIFA di Mexico City, melengkapi tampilan baru untuk sebuah organisasi sepakbola raksasa yang dipusingkan tuduhan korupsi di bawah Valcke dan Presiden sebelumnya Sepp Blatter.

BACA JUGA :   Pengurus PWI Jaya Diumumkan, Ini Susunannya

Blatter, yang telah memimpin FIFA sejak tahun 1998, mundur tahun lalu dan kemudian diskors dari sepak bola selama enam tahun karena melanggar pedoman etika. Pada pengangkatannya pada bulan Februari, Infantino berjanji akan “bekerja tanpa lelah untuk membawa sepakbola kembali ke FIFA dan FIFA kembali ke sepak bola”.

Fatma Samba Diouf SamouraSamoura, yang akan menjalani pemeriksaan kelayakan sebelum perannya disahkan, saat ini bekerja untuk PBB di Nigeria, dan menguasai 4 bahasa. Samoura merasa terhormat ditunjuk FIFA dan siap mengambil peran di pos terbarunya.

Dia memulai karier di PBB sebagai petugas logistik senior Program Pangan Dunia di Roma pada tahun 1995 dan menjabat sebagai wakil negara atau direktur di enam negara Afrika, termasuk Nigeria. “Hari ini adalah hari yang indah bagi saya, dan saya merasa terhormat untuk mengambil peran ini,” katanya.

Ucapan Billie Jean

“Peran ini sangat cocok untuk keterampilan dan pengalaman, serta strategis, berdampak besar bagi pengembangan tim dalam pengaturan internasional. Itu akan saya gunakan untuk membantu menumbuhkan permainan sepak bola di seluruh dunia,” kata Simoura.

BACA JUGA :   Klasemen Sementara Liga 1

Ia juga berharap untuk membawa pengalaman di pemerintahan dan kepatuhan untuk pada semangat reformasi yang sudah berlangsung di FIFA. Ucapan atas terpilihnya Fatma Samba datang dari berbagai kalangan.

Bahkan legenda petenis putri dunia, Billie Jean King, lewat akun twitter resminya ‏@BillieJeanKing menyampaikan ucapan, “Sangat bahagia atas dipilihnya Fatma Samba Diouf Samoura sebagai Sekjen FIFA. Sebuah keputusan berani dari Presdien FIFA, Gianni Infantino, dan ini merupakan langkah pertama yang penting.”

Billie jean king

Dari kalangan media juga datang ucapan, salah satunya  Stanley Chou, fotografer senior yang selama 12 tahun jasanya dipakai FIFA pada Piala Dunia 1994 Amerika Serikat hingga Piala Dunia Jerman 2006. “Selamat atas terpilihnya Ibu, dari saya fotografer yang telah lama bekerja pada FIFA,” ujar Stanley Chou. (SN)

(Visited 46 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho