Offside.co.id

Gol Tunggal Ronaldo Perbesar Peluang Portugal ke Semifinal

Kamis 22 Juni 2017 08:56 WIB

Offside.co.id – Cristiano Ronaldo benar-benar menjadi magnet bagi Portugal. Kehebatan pemain ini kembali diperlihatkan saat mencetak gol semata wayang kemenangan “Selecao” atas tuan rumah Rusia 1-0 dalam laga kedua Grup A Piala Konfederasi 2017 di Otkrytie Arena, Moskow, Rabu (21/6) malam.

Pemain terbaik dunia ini menjadi penentu kemenangan Portugal berkat gol yang diciptakan pada menit ke-8. Gol ini sekaligus sebagai gol ke-74 yang dia bukukan untuk timnas dari 141 kali penampilannya. Selain itu, gol ini menjadi gol pertama yang dia ciptakan di ajang Piala Konfederasi, kejuaraan yang untuk pertama kalinya diikuti Portugal.

Dengan begitu Ronaldo pun mencatatkan rekor sebagai pemain yang berhasil mencetak gol di seluruh kejuaraan resmi yang digerlar FIFA dan UEFA yakni Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014, Piala Eropa 2008, 2012, dan 2016, serta Piala Konfederasi 2017.

Kemenangan atas Rusia menadi penting bagi Portugal karena memperbesar peluang tim asuhan Fernando Santos ini melaju ke semifinal, setelah tim juara Piala Eropa 2016 ini hanya bermain imbang 2-2 lawan Meksiko di laga pertama. Portugal mengemas nilai 4 dari dua pertandingan, unggul satu poin dari Rusia yang pada laga pembuka menang atas Selandia Baru 2-0. Portugal hanya perlu hasil imbang melawan Selandia Baru di pertandingan terakhir Grup A untuk memastikan langkahnya ke semifinal.

BACA JUGA :   Bale Gemilang, Real Madrid Menang

Dalam pertarungan kedua ini Portugal memegang kendali permainan. Rusia yang tampil di hadapan publiknya sendiri bermain lebih hati-hati karena mereka menyadari kekuatan Portugal. Rusia lebih banyak memainkan umpan panjang untuk menghindari pertarungan di lini tengah.

Portugal berhasil menjebol gawang Rusia berkat tandukan Ronaldo yang menerima umpan silang Raphael Guerreiro pada menit ke-8.  Ronaldo begitu bebas melakukan sundulan karena lepas dari kawalan pemain-pemain Rusia. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua Portugal sempat tertekan setelah Rusia bermain lebih lepas dan mampu mengambil inisiatif. Namun upaya mereka untuk menyamakan kedudukan tak pernah berhasol. Kendati pelatih Stanislav Cherchesov memasukkan dua pemain depan untuk mengganti pemain tengah dan belakang, upaya itu tetap tak berhasil mengoyak gawang Portugal.

BACA JUGA :   Rooney Nyaris Bikin Man City Babak Belur

Di menit-menit akhir babak kedua Rusia memiliki peluang emas saat Dzhikiya menanduk umpan tendangan penjuru Samedov. Namun bola sundulan Dzhikiya hanya melambung di atas gawang Rui Patricio.

Susunan pemain:

 Portugal (4-4-2): Patricio; Cedric, Alves, Pepe, Guerreiro; Bernardo Silva, Carvalho, Adrien Silva, Gomes; Ronaldo, Andre Silva

Cadangan: Beto, Jose Sa, Neto, Nelsinho, Eliseu, Fonte, Pereira, Pizzi, Nani, Moutinho, Quaresma, Martins

Russia (3-5-2): Akinfeev; Samedov, Dzhikiya, Vasin, Kudryashov, Zhirkov; Shishkin, Golovin, Glushakov; Smolov, Kombarov

Cadangan: Gabulov, Guilherme, Smolnikov, Kutepov, Kambolov, Gazinskiy, Tarasov, Erokhin, Kanunnikov, Poloz, Bukharov. (KS)

(Visited 43 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo