Offside.co.id

Hanya Imbang, Pesta Juara Bayern Tertunda

Minggu 1 Mei 2016 06:30 WIB

Bayern Muenchen dipaksa menunda pesta juara Bundesliga setelah ditahan imbang Borussia Monchengladbach 1-1 di Allianz Arena, Sabtu (30/4). Sebenarnya, kemenangan atas Gladbach akan menjadikan Die Roten juara untuk kali keempat secara beruntun.

Hal itu tampak akan menjadi kenyataan setelah Thomas Mueller memberikan gol cepat. Namun gol balas Andre Hahn memaksa Bayern harus menunda perayaan juara.

Borussia Dortmund pada saat bersamaan membantai VfL Wolfsburg 5-1 di Westfalen, Bayern secara matematis masih mungkin dikejar di sisa dua pekan meski sejatinya masih menggenggam peluang besar untuk merajai musim ini. Kedua tim saat ini dibedakan lima angka.

Meski partai ini bisa menjadi penentuan titel, tak bisa dimungkiri bahwa pikiran Pep Guardiola terbagi ke laga leg kedua semifinal Liga Champions kontra Atletico Madrid tengah pekan depan.

Rotasi besar-besaran dilakukan sang juru taktik dengan mengganti hingga delapan pemain dalam starting line-up dari laga sebelumnya ketika Bayern menyerah 1-0 di Vicente Calderon.

Pada laga ini, permainan Bayern tidak seperti biasanya. Namun mereka tetap mampu memetik keunggulan dini di menit keenam. Muller mencetak gol liga ke-20 musim ini melalui sundulan menyambut tendangan penjuru Joshua Kimmich untuk memecahkan kebuntuan di Allianz Arena.

Gladbach mencoba merespons, namun Manuel Neuer melakukan penyelamatan brilian untuk mementahkan upaya jarak dekat Hahn yang menerima umpan silang Ozcar Wendt.

Di paruh kedua intensitas Bayern semakin menurun dan mereka kelihatan lebih ingin mempertahankan skor ketimbang menambah keunggulan. Ini mengundang bahaya mengingat Gladbach justru semakin garang menekan demi menyamakan kedudukan.

Pelatih Gladbach, Schubert memasukkan Lars Stindl dan Patrick Herrmann untuk menggantikan Hazard dan Ibrahima Traore. Keputusan ini membuahkan hasil. Stindl berperan menjadi assistant untuk gol penyeimbang Andre Hahn.

Menerima bola sedikit memasuki wilayah Bayern, Stindl melepas umpan terobosan terukur kepada Hahn, yang dengan mudah mengungguli Mehdi Benatia lalu menembak bola ke sudut bawah tiang dekat tanpa bisa diantisipasi Neuer.

Gol ini membangunkan Bayern yang segera meningkatkan tempo dan lebih terlecut untuk memburu gol kedua. Guardiola pun menghabiskan jatah pergantian dengan menyuntikkan winger Douglas Costa menggantikan bek Serdar Tasci, setelah sebelumnya memasukkan Thiago Alcantara dan David Alaba, masing-masing untuk menggantikan Gotze dan Boateng.

Meski demikian, The Bavarians kesulitan mengkreasi peluang bagus. Serangan-serangan mereka terlalu mudah dipatahkan, sementara dua kali percobaan jarak jauh dari Thiago tidak membuahkan hasil sesuai harapan. Skor 1-1 akhirnya terus bertahan sampai bubar. (BM)

(Visited 31 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid