Offside.co.id

Italia Gagal Lolos, Buffon Pensiun

Selasa 14 November 2017 15:43 WIB

Offside.co.id – Kekhawatiran publik “Azzurri” akan tim nasionalnya bakal gagal lolos ke Piala Dunia 2018 menjadi kenyataan. Untuk pertama kalinya, sejak 1958, Italia absen di Piala Dunia menyusul hasil imbang tanpa gol yang mereka petik dalam laga play off kedua melawan Swedia di Stadion San Siro, Milan, Selasa dini hari WIB.

Italia harus memupus harapannya karena kalah agregat 0-1. Sebelumnya pada laga perdana di kandang lawan akhir pekan lalu, Italia menderita kekalahan 0-1.

Skuat asuhan pelatih Gian Piero Ventura hanya bisa meratapi kegagalannya tatkala wasit meniupkan peluit terakhir pertandingan kedua tim. Para tifosi Italia yang semula mendukung para algojonya dapat memanfaatkan peluang terakhir untuk lolos ke Rusia, langsung berubah. Mereka mencemooh timnya karena kecewa.

Kegagagalan pemegang juara dunia empat kali (1934, 1938, 1982, dan 2006) ini sekaligus menjadi mimpi buruk bagi kiper veteran Gianluigi Buffon yang bersiap pensiun setelah membela timnas selama 20 tahun dan bermain dalam 175 pertandingan.

“Saya tidak menyesal untuk diri saya. Namun menyesal untuk sepak bola Italia,” kata penjaga gawang Juventus berusia 39 tahun ini, seperti dilansir laman The Telegraph.

“Ada penyesalan ketika mengakhirinya seperti itu, bukan karena waktu berlalu,” lanjut Buffon.

Kendati Italia gagal namun Buffon yakin “Gli Azzurri” akan kembali bangkit. Menurutnya, akan tiba masanya bagi sepakbola Italia untuk memperlihatkan kedigdayaannya lagi.

“Saya yakin pasti ada masa depan bagi sepakbola Italia, karena kami punya kebanggaan, kemampuan, dan tekad. Setelah kami jatuh, kami selalu menemukan cara untuk bangkit kembali,” kata Buffon.

Italia sendiri tampil dengan determinasi tinggi. Mereka menguasai lapangan dan mengurung tim tamu. Namun sangat disayangkan agresivitas yang diperlihatkan “Azzurri” tidak berujung pada lahirnya gol. Mereka gagal menjebol gawang Swedia.

“Tidak ada senjata tersisa lagi yang kami punya. Kami hanya berharap dapat bertahan,” kata pelatih Swedia Janne Andersson yang mengakui kemampuan para pemain tuan rumah.

Susunan pemain:

Italia: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 6-Antonio Candreva (20-Filippo Bernadeschi, 76′), 8-Alessandro Florenzi, 7-Jorginho, 18-Marco Parolo, 4-Matteo Darmian (22-Stephan El Shaarawy, 63′); 11-Ciro Immobile, 23-Manolo Gabbiadini (9-Andrea Belotti, 63′)

Pelatih: Gian Piero Ventura

Swedia: 1-Robin Olsen; 2-Mikael Lustig, 3-Victor Lindelof, 4-Andreas Granqvist, 6-Ludwig Augustinsson; 17-Viktor Claesson (19-Marcus Rohden, 72′), 7-Sebastian Larsson, 13-Jakob Johansson (15-Gustav Svensson, 19′), 10-Emil Forsberg; 20-Ola Toivonen (8-Isaac Thelin, 54′), 9-Marcus Berg

Pelatih: Janne Andersson (KS)

 

(Visited 49 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo
Powered by Live Score & Live Score App