Offside.co.id

5 Keuntungan Manchester United Seusai Juara Liga Eropa

Kamis 25 Mei 2017 07:18 WIB

Offside.co.id – Inilah enaknya jadi tim juara seperti Manchester United. Merebut gelar Liga Eropa usai memukul Ajax 2-0 di final, MU memetik 5 keuntungan lain.

Apa saja? Berikut rinciannya:

1. Lolos dari Ancaman Adidas

Musim lalu, MU menandatangani kesepakatan 10 tahun dengan perusahaan apparel asal Jerman, Adidas. Kerjasama senilai £750 juta itu terancam akan dipotong 30 persen jika MU tidak lolos Liga Champions dua kali berturut-turut.

Hal itu dikonfirmasi Chief Financial Officer MU, Cliff Batty. “Sebagai contoh, jika kami menerima £70 juta per tahun, kami tidak akan menerima 21 juta pounds bila klausul itu terjadi,” jelasnya.

 

2. Menikmati Hadiah Uang Berlipat

UEFA telah membelah dua hadiah uang, untuk Liga Champions €1,3 miliar dan Liga Eropa £400 juta (tepatnya €399,8 juta, atau Rp 5,9 triliun). Uang itu didistribusikan untuk semua klub kontestan, sejak fase awal hingga final.

Manchester United sebagai juara Liga Eropa berhak atas hadiah €15 juta dari penampilan dan €12 juta dari pembagian market share TV. Total MU membawa pulang duit €27 juta atau setara Rp 403 miliar. Jika lolos ke Liga Champions musim depan, uang tampilnya jauh berlipat ganda!

BACA JUGA :   SP Menang, Bhayangkara FC Kuasai Puncak Klasemen

 

3. Merebut Jatah Tiket Liga Champions

 

Dilansir dari laman UEFA, keberhasilan Manchester United menjuarai Liga Eropa membuat Inggris mengirimkan lima tim ke Liga Champions yakni Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City dan MU, serta Liverpool (lewat babak play-off).

MU lolos langsung ke fase grup karena dua klub finalis Liga Champions, Juventus dan Real Madrid, masing-masing sudah mengamankan jatah Liga Champions berdasarkan peringkat mereka di liga sehingga masih tersisa jatah untuk lolos langsung ke fase grup. Jatah itu direbut MU.

 

 

4. Mudah Merekrut pemain Bintang

Sejak pertengahan musim, Jose Mourinho getol membidik pemain-pemain top Eropa untuk musim 2017/18. Ia sadar, dengan skuad yang ada, MU sulit bersaing di pentas Liga Champions. Bahkan untuk lolos ke pentas itu saja susah bukan main.

BACA JUGA :   Bonucci: Saya Bukan Penghianat!

Beberapa pemain bintang yang dibidik umumnya bersikap menanti. Contohnya, Antoine Griezmann (Atlético Madrid) dan Gareth Bale (Real Madrid). Jika MU lolos ke Liga Champions, mereka siap melakukan negosiasi.

 

5. Melengkapi Berbagai Rekor

Manchester United mencatat rekor. Pertama kali sepanjang sejarah berdiri klub, baru sekarang mereka meraih gelar Liga Europa (dulu bernama Piala UEFA). Setan Merah memenangi Liga Europa 2016-2017 seusai menang atas Ajax Amsterdam.

Selain itu, Man United menyamai jejak Juventus, Ajax, Bayern Muenchen, dan Chelsea yang sanggup menyapu bersih seluruh kejuaraan antarklub Eropa. Mereka memenangi trofi Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Winners yang kini sudah dihapus. (SN)

(Visited 5.009 times, 102 visits today)
Editor: Sigit Nugroho