Offside.co.id

Rasain! Wasit Barca vs PSG Akhirnya Dihukum UEFA

Selasa 14 Maret 2017 07:09 WIB

Offside.co.id – Menyusul kinerja buruk wasit Denis Aytekin yang memimpin laga Barcelona vs Paris St-Germain, UEFA akhirnya menghukum sang pengadil asal Jerman itu.

Pierluigi Collina, Ketua Bidang Wasit UEFA, memastikan hal itu kemarin. Seperti dikutip The Sun, UEFA tak hanya menjatuhkan hukuman karena kesalahan teknis yang berakibat fatal, tapi juga buruknya perilaku Aytekin.

Media Inggris itu memiliki bukti lewat pembaca gerak bibir yang merinci kata-kata kotor Aytekin kepada para pemain PSG. Beberapa pemain membenarkan fakta jika wasit sering menyebut: “F..k off! atau f..k you!”

Ia berkata kasar begitu tiap kali Marco Verratti dkk melakukan protes atas beberapa keputusan kontroversial Aytekin.

Misalnya, tak memberikan tendangan penalti saat Angel di Maria dijatuhkan sesama pemain Argentina, Javier Mascherano, dari belakang, di dalam kotak penalti Barca dalam posisi satu lawan satu.

Mascherano sendiri mengaku di akhir laga: “Apakah ada kontak dengan di Maria? Jelas. Aku memang menjatuhkan dia.”

Kontroversi kedua, wasit malah menghadiahkan tendangan penalti kepada Blaugrana saat Luis Suarez melakukan diving di depan gawang PSG.

Pierluigi Collina kala itu menilai kinerja Aytekin sangat buruk. Untuk itu ia mengancam tidak akan memberikan kesempatan Aytekin memimpin laga Liga Champions lagi.

Kontroversi-kontroversi itu jelas sensitif pada hasil akhir pertandingan, dimana sebelum laga Barca kalah dengan aggregat 0-4. Lionel Messi dkk akhirnya lolos setelah menang 6-1 atau aggregat 6-5.

Hukuman Aytekin dari UEFA akhirnya benar-benar dijatuhkan. Sanksinya cukup berat yakni dibebas-tugaskan memimpin pertandingan Liga Eropa dan Liga Champions hingga akhir musim 2016/17.

Pekan lalu, selepas mendapatkan rapor buruk di Liga Champions, Aytekin juga dicibir di Liga Jerman dalam laga Borrusia Moenchengladbach vs Hamburg SV. Namun kali ini wasit dalam posisi benar, tapi dicerca fans Gladbach. (SN)

(Visited 5.800 times, 7 visits today)
Editor: Sigit Nugroho