Offside.co.id

Tepis Isu Negatif, Hattrick CR7 Bawa Madrid ke Semifinal

Rabu 19 April 2017 06:11 WIB

Offside.co.id – Sepekan lalu ruang ganti Real Madrid memanas terkait Cristiano Ronaldo. CR7 pun menjawabnya dengan mengantarkan Los Blancos ke semifinal Liga Champions 2016/17.

Seperti ramai diberitakan, sekelompok pemain kunci tak suka dengan perangai CR7. Ia dianggap egois di lapangan, juga sok berkuasa. CR7 memang menekan klub agar tak merekrut pemain bintang yang tak disukainya.

Gareth Bale dan Luka Modric adalah dua pemain yang terang-terangan mengkritik Ronaldo. Beberapa pemain lain memilih membenci diam-diam. Sementara Marcelo dkk tetap mendukung CR7.

Suasana panas di ruang ganti Madrid itu ternyata tak mampu dimanfaatkan Bayern Muenchen yang datang ke Santiago Bernabeu. CR7 justru menjadikan isu negatif itu sebagai pelecut semangat.

Rabu (19/4) dini hari, di leg kedua perempatfinal Liga Champions, gawang Manuel Neuer empat kali diterjang gol, skor 4-2. Total agregat pun jadi 6-3 sebab pada leg pertama di Alianz Arena, Madrid menang 2-1.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, El Real harus bermain hingga extra-time karena kalah 1-2 di waktu normal. Agregat sama kuat 3-3 dan gol tandang kedua tim juga sama.

Untungnya unggul jumlah pemain (Arturo Vidal diusir wasit), Madrid merajalela di babak extra-time. Los Blancos sukses mencetak tiga gol tambahan dan akhirnya menang 4-2 di Bernabeu. Madrid pun berhak lolos ke semifinal setelah unggul agregat 6-3.

Peran CR7 tetap sentral sebab ia lagi-lagi hadir sebagai inspirator kemenangan lewat hattricknya. Satu gol Madrid lainnya dicetak Marco Asensio. Sementara gol-gol Bayern dicetak Robert Lewandowski dari titik putih serta gol bunuh diri Sergio Ramos.

BACA JUGA :   Rusia Amankan Tiket Putaran Kedua

Philip Lam dkk yang sadar butuh kemenangan, langsung tancap gas sejak awal laga. Pada 15 menit awal mereka sangat ofensif, seolah tampil di kandang sendiri.

Pertahanan Madrid diobrak-abrik Arjen Robben. Beruntung, Ramos dan tandemnya kali ini, Nacho (mengisi posisi Pepe yang cedera) lumayan tangguh di jantung pertahanan. Keduanya berhasil bergantian menghalau bola-bola silang.

Penguasaan bola justru dipegang oleh Bayern dengan persentase 53% di babak pertama. Toh skor masih imbang tanpa gol.

Di babak Kedua Bayern tampil lebih terbuka. Hasilnya, tim Bavarian itu mencuri dua gol tandang di Bernabeu. Pada menit 52 gol datang lewat penalti Lewandowski, setelah Robben dilanggar oleh Casemiro di kotak terlarang. Gol, 1-0.

Tertinggal satu gol, Ronaldo merespons di menit 76 dengan gol yang diawali dari umpan lambung brilian Casemiro. Ronaldo yang lolos dari kawalan Lahm, menyambutnya dengan sundulan. Gol, 1-1.

Unggul agregat, membuat Madrid agak lengah. Semenit setelah gol Ronaldo, Ramos melakukan gol bunuh diri, akibat dari kurangnya komunikasi dengan kiper Keylor Navas.

Bayern unggul 2-1, dan agregat pun sama kuat menjadi 3-3. Gol tandang kedua tim juga sama. Sialnya, di menit 84 Bayern terpaksa harus bermain dengan 10 orang. Wasit Viktor Kassai mengusir Arturo Vidal seusai ia mendapatkan kartu kuning kedua gara-gara melanggar Asensio.

BACA JUGA :   Tekuk Kolombia, Jepang Catat Sejarah Baru

Pertandingan harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu 2×15 menit, dengan Madrid unggul jumlah pemain.

Di fase krusial itu, Madrid kembali mencetak gol melalui Ronaldo di menit 105. Menerima umpan dari Ramos, Ronaldo yang lolos dari kawalan Mats Hummels, sempat mengontrol bola dengan dada sebelum melakukan tendangan dengan kaki kiri yang berbuah gol.

Di paruh kedua extra time menit ke-109, Marcelo menjadi aktor dari terciptanya hattrick Ronaldo. Fullback asal Brasil itu melewati beberapa pemain Bayern, sebelum memberikan bola matang yang tinggal disontek CR7.

Asensio tak mau ketinggalan.
Di menit 112, pemain yang masuk menggantikan Isco di pertengahan babak kedua itu berlari dari tengah lapangan, setelah memutus operan pemain Bayern.

Ia mengecoh Hummels dan menakukkan Neuer. Skor akhir di Bernabeu adalah 4-2 untuk Madrid. Los Merengues lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 6-3. (SN)


Susunan Pemain:

Real Madrid: Keylor Navas, Marcelo, Sergio Ramos, Nacho, Carvajal, Casemior, Kroos/Kovacic, Modric; Isco/Lucas Vazquez, Benzema/Marco Asensio, Cristiano Ronaldo.

Bayern Muenchen: Neuer, Alaba, Boateng, Hummels, Lahm; Xabi Alonso/Muller; Ribery/Douglas Costa, Vidal, Thiago, Robben; Lewandowski/Kimmich.

(Visited 589 times, 5 visits today)
Editor: Sigit Nugroho