Offside.co.id

Bertarunglah 110% untuk Korban Bom Manchester!

Rabu 24 Mei 2017 10:46 WIB

Offside.co.id – Jelang laga final Liga Eropa kontra Ajax, Rabu (24/52017) atau Kamis dini hari WIB, kubu Manchester United menyikapi tragedi bom di kotanya dengan perspektif lain.

Bukan mengambil keuntungan dari peristiwa duka itu, namun Jose Mourinho “membakar” pemainnya dengan kalimat-kalimat panas untuk memompa semangat.

“Bertarunglah dengan 110 persen. Menangkan trofi untuk kota kita yang tengah berduka, Manchester,” tegas Mourinho dalam sesi latihan yang diakhiri dengan doa bersama, seperti dikutip Independent​.

Bos MU, Ed Woodward, senada. “Kita melihat tragedi bom dengan perspektif berbeda. Tak hanya sedih, kami bahkan merasa terpukul. Tapi ada tugas yang harus diselesaikan. Gelar juara mungkin tak cukup untuk mengobati duka keluarga korban, tapi jika itu adalah hal terbaik, mari kita raih,” komentar Woodward.

Dalam laga yang dihelat di Friends Arena (Solna), Setan Merah berambisi meraih trofi ketiga mereka musim ini setelah Community Shield dan Piala EFL.

Sukses itu sayangnya disusul dengan fakta menyedihkan, para bintang MU bertumbangan akibat cedera. Jadwal padat menjadi keluhan Mourinho. Tampil dalam 4 kompetisi, rata-rata MU main 3 hari sekali.

BACA JUGA :   Pique Diusir, Barcelona Tetap Ngacir

Zlatan Ibrahimovic, Marcos Rojo, Luke Shaw, dan Ashley Young cedera. Eric Bailly terkena suspensi, dan David De Gea bukanlah kiper untuk Liga Eropa.

Chris Smalling dan kartu as MU di pentas ini, Marouane Fellaini, akan dipaksakan tampil meski belum 100% fit. Fellaini adalah pencetak gol penentu lolosnya MU ke final kala kontra Celta Vigo.

Toh United masih disegani karena masih ada Henrikh Mkhitaryan, Ander Herrera, Paul Pogba, Juan Mata, Anthony Martial, serta pemain binaan MU, Jesse Lingard dan Marcus Rashford di lini depan.

Ajax jelas unggul waktu istirahat. Liga Belanda rampung pada Minggu (14/5), sementara MU sepekan kemudian. Ajax dengan formasi serupa United, 4-3-3 punya deretan gelandang dengan usia rata-rata lebih muda seperti Lasse Schone dan Davy Klaasen.

Lini depan Ajax tidak kalah menakutkan. Trio Kasper Dolberg-Bertrand Traore-Amin Younes jadi kolektor 14 gol Ajax di Liga Eropa musim ini. Belum lagi supersub Justin Kluivert.

BACA JUGA :   PSG Menang Lagi, Neymar dan Cavani Berbagi Gol

Cuma, kendala wakil Liga Belanda adalah usia muda; yang jika tidak diikuti dengan mental yang apik, bisa hancur. Kekalahan dari Schalke dan Lyon di perempat final dan semifinal menunjukkan hal ini.

Mereka yang akan mencoba membongkar pertahanan baja United yang sering diremehkan, meski fakta berbicara lain. United adalah tim dengan paling sedikit kebobolan di Liga Primer setelah Tottenham Hotspur.

Diyakini Ajax yang unggul stamina akan memaksakan laga cepat. Namun MU juga punya kelebihan serangan balik mematikan lewat Rashford. (SN)

 

Prakiraan Formasi:

Ajax Amsterdam (4-3-3): Onana; Veltman, Davinson Sanchez, Ligt, Riedewald; Klaasen, Schone, Ziyech; Traore, Dolberg, Younes

Manchester United (4-3-3): Romero; Valencia, Jones, Blind, Darmian; Carrick, Herrera, Pogba; Lingard, Rashford, Mkhitaryan

Had To Head:
23-02-2012 Manchester United vs Ajax 1-2
16-02-2012 Ajax vs Manchester United 0-2

(Visited 107 times, 5 visits today)
Editor: Sigit Nugroho