Offside.co.id

Mantap! Kuota Asia Bertambah Pada Piala Dunia 2026

Rabu 11 Januari 2017 17:02 WIB

Offside.co.id – Ada keuntungan bagi negara-negara Asia jika saja pada Piala Dunia 2026 pesertanya menjadi 48. Berdasarkan rencana yang diajukan FIFA, Asia akan mendapatkan kuota 8,5 negara dari semula 4,5 atau bertambah 47 persen. Angka 0,5 sendiri merujuk pada negara-negara yang tidak lolos otomatis tapi harus menjalani fase play-off.

Catatan tersebut akan sama dengan kemungkinan yang didapatkan negara-negara Afrika. Seperti yang diketahui, Afrika akan mendapat pertambahan signifikan dari semula lima negara menjadi sembilan, atau naik 44,4 persen.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada skema lebih lanjut soal format kualifikasi Asia. Akankah berubah dari tiga fase menjadi dua atau ada format yang lain. Yang jelas, total 47 negara di Asia akan memperebutkan 8,5 jatah Asia di Piala Dunia 2026.

Beberapa negara Asia menunjukkan respon positif dengan perubahan tersebut. Salah satunya Cina. Juru bicara pemerintah Cina menyatakan bahwa keputusan baru FIFA itu akan membantu negaranya mencapai mimpi terbesar.

“Bahkan jika pada 2026 nanti tingkat teknik dan strategi di sepak bola Cina belum berkembang pesat, tujuan utama reformasi sepak bola Cina sudah akan terealisasi di masa-masa itu,” kata juru bicara pihak Asosiasi Sepak Bola China (CFA). “Saat itu, dengan adanya bonus penambahan kuota Piala Dunia, sangat mungkin mimpi Cina kembali ke Piala Dunia akan terwujud.”

(Visited 1.318 times, 6 visits today)
Editor: Hanif Marjuni