Offside.co.id

Materazzi Beberkan Lima Rahasia Mourinho

Sabtu 10 September 2016 10:43 WIB

Offside.co.id – Mantan pemain internasional Italia, Marco Materazzi menyebut bahwa Jose Mourinho adalah juru taktik terbaik di dunia. Materazzi dan Mourinho pernah bekerja sama di Inter Milan pada 2008-2010 lalu dan sukses meraih gelar treble winners. Materazzi pun membeberkan lima rahasia sukses Mourinho yang saat ini menjadi manajer di Manchester United.

“Bagaimana berbicara soal pelatih terbaik di dunia, jika saat ini ada empat (pelatih) di tingkat yang sama? Jose Mourinho, Guardiola, Ancelotti dan (Marcello) Lippi. Dan, satu langkah di belakang adalah (Antonio) Conte dan (Juergen) Klopp,” kata Materazzi dilansir dari Gazzetta.

“Mourinho dan Lippi adalah yang terbaik, menurut pendapat saya, bukan karena hasil, tetapi karena saya bersama mereka secara dekat. Tapi saya tahu siapa Jose bahkan sebelum bertemu dengannya,” kata dia.

Mantan pemain berjuluk Matrix ini mengungkapkan lima rahasia di balik kesuksesan Mourinho antara lain dorongan, kepandaian, pengetahuan, pengalaman dan empati. Ia menjelaskan bahwa sikap untuk mendorong atau menggerakkan yang dimiliki Mourinho seolah bisa melipatgandakan energi.

“Kepandaian: Saya belum pernah melihat orang yang begitu ilmiah saat memprovokasi lawan sehingga begitu baik membuat mereka gugup,” lanjutnya.

Hal ketiga menurut Materazzi adalah Mourinho selalu memberikan tim pengetahuan soal tim lawan. “Setelah mengerjakan taktik selama seminggu, Anda tahu semua tentang mereka (tim lawan). Dan Anda bisa turun lapangan dengan siap untuk menunjukkan permainan Anda, juga untuk mengalahkan mereka,” ucap Materazzi.

“Pengalaman: Mourinho tahu caranya menang karena dia sering melakukan itu. Rahasianya adalah memulai karirnya ketika masih muda, dengan pikiran seorang pelatih saat dia masih menjadi asisten,” sambungnya.

Hal kelima dari rahasia sukses Mourinho adalah rasa empati. Menurutnya, Mourinho mencoba membangkitkan rasa empati dari tim sehingga terbentuk kelompok yang tangguh dan tak mudah retak. “Itulah yang membawa Anda bisa melawan segala sesuatu dan semua orang,” pungkasnya.

(Visited 426 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid