Offside.co.id

Miris! Tunggak Listrik, Stadion Terbesar di Dunia Ini Gelap Gulita

Jumat 3 Februari 2017 09:40 WIB

Offside.co.id – Pernah jadi stadion berdaya tampung terbesar di dunia, nasib Maracana di Rio de Jainero, Brazil, sungguh merana. Maracana kini gelap gulita.

Gara-garanya, pihak pengelola stadion menunggak listrik pada PLN-nya Brazil lebih dari 1 juta dolar AS, atau senilai Rp 13 miliar lebih. Akibat hal itu, otoritas listrik Brazil memutus aliran hingga tunggakan dibayar.

Listrik sudah dimatikan seminggu yang lalu, seperti dilaporkan The Sun.  Beberapa tagihan yang harus dibayar, di antaranya akibat pemakaian saat penyelenggara Olimpiade 2016. Stadion itu memang dipakai untuk upacara pembukaan dan penutupan, serta pertandingan sepak bola.

Maracana dibangun pada 1948. Saat dipakai pada final Piala Dunia 1950, stadion itu disesaki ¹99.852 penonton! Itu rekor yang sulit dipecahkan hingga sekarang.

Mengalami tiga kali renovasi (pada 2000, 2006, dan 2013), Maracana kini hanya berdaya tampung 78.838 kursi penonton.

Kondisi stadion semakin rusak dalam beberapa pekan terakhir. Ratusan kursi robek oleh penonton, malah ada yang dicopot lalu dibuang ke sentelban.

Televisi juga dicuri, dan lapangan mulai berwarna coklat karena jarang disiram. Rumput sintetis di tepi lapangan juga banyak yang rusak. 

Tenyata kemegahan pesta Olimpiade 2016, hanya kebanggaan sesaat bagi rakyat Brasil. Sebuah ironi di tanah yang melahirkan banyak maestro sepak bola dunia. Sungguh miris. (SN)

(Visited 214 times, 4 visits today)
Editor: Sigit Nugroho