Offside.co.id

Mourinho Ingin 15 Tahun Berada di MU

Rabu 19 Juli 2017 12:06 WIB

Offside.co.id – Pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho menargetkan ingin lebih lama berada di klub yang bermarkas di Old Trafford ini. Ia ingin berbuat seperti yang pernah dilakukan pelatih legenda MU, Sir Alex Ferguson.

Tidak tanggung-tanggung, pelatih asal Portugal ini memiliki target 15 tahun tetap bersama MU. Tujuannya satu, yakni menciptakan kestabilan MU pasca ditinggalkan Fergusson empat tahun silam. Mourinho ingin membuat kesuksesan “Setan Merah” dalam waktu yang panjang.

“Saya siap untuk ini,” kata Mourinho dalam wawancara eksklusif dengan ESPNFC di sela-sela tur pra musim MU di AS.

“Saya siap untuk 15 tahun berikutnya. Saya katakan itu. Ya! mengapa tidak? Saya harus mengakui bahwa ini sangat sulit karena tekanan yang terdapat di sekeliling kita. Semua orang memberi tekanan kepada pelatih. Kita memang harus meraih kemenangan, tapi pada kenyataannya hanya ada satu pemenang dan setiap tahun menjadi semakin sulit,” kata pelatih berusia 54 tahun ini.

Menurut pelatih yang pernah malang melintang di klub-klub hebat seperti Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, dan Porto, apa yang coba dia lakukan di klub adalah menunjukkan bahwa tugasnya tidak hanya sekadar sebagai seorang manajer tim sepakbola, melainkan lebih dari itu.

BACA JUGA :   Persija Nyaris Permalukan Arema di Kanjuruhan

“Di mata saya, pekerjaan saya jauh lebih besar daripada apa yang saya lakukan di lapangan, serta hasil yang dicapai tim setiap akhir pekan,” Mou memaparkan.

“Klub (MU) ini, selama bertahun-tahun adalah Sir Alex,” lanjut Mourinho. “Semua orang sudah terbiasa dengan hal itu, mereka mengerti konsekuensi besar dari sebuah stabilitas,” katanya.

Pasca Sir Alex pensiun dari MU pada 2013, setelah mengabdi sejak 1986, MU menjadi tak stabil. Saat posisi Ferguson digantikan David Moyes, lalu Louis van Gaal, MU belum mampu lagi meraih sukses. Mourinho sendiri baru datang ke Old Trafford musim lalu dan langsung menorehkan gelar juara Piala Liga dan Liga Europa, serta mengantarkan tim ini ke persaingan Liga Champions musim 2017-2018.

Musim ini merupakan tahun kedua bagi Mourinho. Dia pun berharap kesuksesan akan kembali hadir untuk MU. “Semoga saya bisa bertahan dan memberikan stabilitas yang diinginkan klub. Saya akan mencoba. Tapi sekali lagi, saya harus mencoba untuk mendapatkan itu. Dan, itulah yang saya coba setiap saya bekerja,” kata pelatih yang dijuluki “The Special One”.

BACA JUGA :   Diwarnai Dua Kartu Merah, Inter Menang Dramatis!

Mourinho percaya pengalamannya selama menangani Chelsea, dimana dirinya harus dipecat kurang dari enam bulan setelah memenangkan gelar Liga Utama 2015-16, hampir tidak mungkin bertahan  dalam masa waktu yang panjang.

“Anda sukses besar dalam satu tahun, tahun berikutnya Anda gagal, maka Anda akan keluar,” kata Mou.

“Saya mengalami itu di Chelsea. Hal yang sama juga dialami Claudio Ranieri di Leicester. Dan, itu akan terjadi pada pelatih-pelatih lainnya. Saat ini, orang lebih banyak melihat dalam jangka pendek. Saya pikir karier Sir Alex itu unik,” Mourinho melanjutkan.

Menurut Mou, tidak ada pelatih yang akan berada di klub dan liga yang sama selama bertahun-tahun. Kalaupun sekarang masih ada, hanya terbatas pada Arsene Wenger di Arsenal. Mourinho menyebut sosok Wenger akan menjadi yang terakhir dalam cerita serupa seperti halnya Sir Alex di MU. (KS)

 

(Visited 62 times, 6 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo