Offside.co.id

Nomor 7 di MU, Dari Best Hingga Sanchez

Rabu 24 Januari 2018 21:10 WIB

Offside.co.id – Alexis Sanchez mendarat di Old traffod dan bertukar kostum dengan Henrikh Mkhitaryan setelah drama transfer yang cukup panjang. Sanchez pun langsung diberi nomor punggung 7 di klub barunya, Manchester United.

Di MU, sejak Cristiano Ronaldo meninggalkan Old Trafford menuju Real Madrid, nomor 7 yang disebut-sebut ‘keramat’ belum ada lagi pemain yang bertahan lama memakainya. Pasalnya, dalam sejarah MU, nomor ini  selalu dikenakan pemain-pemain hebat yang sukses mengukir sejarah indah di MU.

George Best adalah pemain pertama yang berhasil mengukir sejarah manis setelah memakai nomor 7. Ia menjadi pemain penting bagi MU saat menjuarai Liga Inggris pada tahun 1965. Best, bersama Bobby Charlton dan Denis Law, adalah trisula maut yang dimiliki MU. MU pun mengabadikan jasanya dengan membuat patung mereka di depan stadion Old Traffod.

Para pemain MU dengan nomor punggung 7 dari masa ke masa. (foto: bjrlivefm.com)

Kemudian Eric Cantona, pemain asal Prancis yang menjadi pemain MU pada 1992. Cantona berhasil membukukan 64 gol dari 143 laga di Liga Inggris dan meraih 9 gelar bersama MU. Pemain yang dijuluki “King Cantona” ini pensiun di tahun 1997 setelah membantu “The Red Devils” membangun sejarah di bawah arahan pelatih Alex Ferguson.

BACA JUGA :   Real Madrid Kampiun!

Selanjutnya David Beckham. Gelandang flamboyan asal Inggris ini berhasil membawa MU meraih 13 trofi termasuk trofi Liga Champions pada 1999. Beckham mencetak 85 gol dari 394 pertandingan yang ia jalani sejak bergabung dengan MU pada 1994. Beckham sebelumnya mengenakan nomor punggung 10, lalu ketika Cantona pensiun, suami artis Victoria Beckham ini mengganti nomor punggungnya menjadi 7, hingga dia meninggalkan MU dan pindah ke Real Madrid pada 2003.

Cristiano Ronaldo (foto: mufclatest.com)

Setelah kepergian Beckham, datanglah Cristiano Ronaldo. Pemain yang dijuluki CR7 ini bergabung dengan MU pada tahun 2003 dari Sporting Lisbon. Ronaldo berhasil meraih 9 trofi dan mencetak 118 gol dari 292 laga yang dijalaninya bersama MU. Ia juga menjadi pemain terbaik dunia pada tahun 2007. Namun, pada 2009, Ronaldo memilih bergabung dengan Real Madrid dan meninggalkan nomor 7 miliknya.

BACA JUGA :   Cedera Salah Tidak Parah

Sejak kepergian Ronaldo, belum ada lagi pemain yang bisa sukses dan mengukir sejarah bersama MU dengan nomor punggung 7. Setelah Ronaldo pergi nomor 7 bukannya tanpa pemilik. Nomor itu sempat dimiliki Michael Owen, namun Owen lebih banyak menghabiskan musim di MU dengan cedera.

Angel di Maria, Memphis Depay, dan Antonio Valencia, adalah pemain lain yang juga pernah merasakan memakai nomor “keramat” tersebut. Namun, ketiganya malah terasa terbebani hingga  akhirnya “menyerah” dan menukarnya dengan nomor lain karena tak mentereng penampilannya.

Kini, nomor 7 resmi diberikan ke Sanchez dan sekarang publik tinggal menunggu apakah pemain asal Chile yang direkrut dari Arsenal ini akan berhasil meraih kesuksesan bersama MU, atau malah justru sebaliknya?

Kita tunggu. (IZZAT/KS)

 

(Visited 58 times, 2 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo