Offside.co.id

Oalah…Gara-gara Pemain Ini CR7 Batal Diboyong Juventus!

Senin 13 Februari 2017 10:42 WIB

Offside.co.id –  Bintang Real Madrid asal Portugal sekaligus pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo, nyaris menjadi pemain Juventus saat dirinya masih berusia 18 tahun dan bermain untuk Sporting Lisbon.

Namun keinginan Juventus ketika itu menjadi buyar lantaran Marcelo Salas. Ya, striker Juve itu menjadi penyebab gagalnya “Si Nyonya Tua” memboyong pemain muda potensial tersebut. Alasannya, saat itu Juve gagal melepas Salas karena pemain Chile itu tak mau hengkang dari Turin.

Adalah Gianni Di Marzio yang mengungkapkan cerita itu. Mantan Direktur Sport Juve yang kini berusia 77 tahun itu terpesona dengan penampilan Ronaldo muda. “Saat itu dia masih berusia 18 tahun saya bekerja di Juventus,” kenang Di Marzio.

Ketika itu dirinya datang ke Lisbon untuk mengamati pemain Portugal lainnya Ricardo Queresma, namun dia tidak bermain saat Sporting melawan Belenenses. Sebaliknya, perhatian Di Marzio malah tertuju pada Ronaldo. Skill pemain muda itu membuat kagum dirinya, kendati dia hanya bermain dalam tiga pertandingan bersama Sporting.

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

“Saya telepon klub saya dan mengatakan kepada mereka bahwa saya melihat seorang pemain muda yang kelak akan menjadi pemain terbaik dunia setelah Maradona,” Di Marzio menceritakan.

Setelah itu Di Marzio pun ditugaskan untuk melakukan negosiasi sekaligus membawa Ronaldo ke Turin pada 2002 untuk menandatangani kontrak. Namun, apa lacur, ada kabar dari Turin ternyata Salas tidak mencapai kesepakatan barter dengan klub peminat.

“Hanya kurang beberapa juta euro saja, Salas menolak meninggalkan Juventus, dan kami pun gagal menggaet Ronaldo. Jorge Mendes (agen Ronaldo) tahu betul kisah itu,” papar mantan pelatih Napoli itu.

Setahun kemudian Ronaldo muda mendarat di Manchester United. Bersama MU, Ronaldo pun tumbuh dan berkembang menjadi pemain hebat. Kiprahnya di Old Trafford membuat banyak klub kaya meliriknya. Dan, pada 2009 Real Madrid sukses membeli pemain dengan panggilan CR7 ini ke Santiago Bernabeu dengan bayaran sebesar 80 juta poundsterling yang sekaligus menjadi rekor transfer termahal dunia.

BACA JUGA :   Modric Bawa Kroasia Ungguli Nigeria

Kini, lima belas tahun berlalu, mantan klub asuhan Di Marzio – Napoli – bakal menghadapi Madrid, klub yang diperkuat Ronaldo dalam babak 16 Besar Liga Champions, Rabu. Menurutnya, melawan Madrid, Napoli harus bermain sebaik mungkin. “Real Madrid sangat cepat. Hanya dengan dua sentuhan saja mereka bisa menciptakan gol,” Di Marzio mengingatkan. (KS)

(Visited 438 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo