Offside.co.id

Piala Dunia 2018 Dimulai, Rusia Realistis

Kamis 14 Juni 2018 10:47 WIB

Offside.co.id – Ujian pertama bakal dilakoni tuan rumah Rusia dalam laga pembuka Piala Dunia 2018 melawan Arab Saudi pada persaingan Grup A di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6) malam ini WIB. Optimisme tinggi diusung tim yang ditangani pelatih Stanislav Cherchesov ini.

Tim “Beruang Merah” Rusia hadir di ajang bergengsi ini dengan bekal yang kurang meyakinkan. Rusia juga tercatat sebagai peserta yang memiliki rangking terendah FIFA dibandingkan 31 tim lainnya, yakni peringkat 70. Tak berlebihan jika mereka disebut-sebut sebagai tim tuan rumah yang justru kurang difavoritkan.

Bahkan mantan pemain sayap Rusia Andrei Kanchelskis menyebut tim negaranya sebagai “tim yang buruk”. Penilaian itu disampaikan mantan pemain Manchester United itu setelah Rusia melakoni uji coba terakhir melawan Turki yang berkesudahan imbang 1-1.

Sebelumnya, dalam tiga laga persahabatan yang dimainkan Rusia, tim ini tampil sangat memprihatinkan dengan menelan kekalahan beruntun, masing-masing tumbang 0-3 dari Brasil, 1-3 dari Prancis, dan 0-1 lawan Austria.

Jika menengok kembali kiprah Rusia di ajang resmi Piala Dunia 2014 lalu di Brasil mereka juga tampil buruk. Rusia yang kala itu ditangani pelatih asal Italia Fabio Capello tak pernah mencatat kemenangan sakali pun dari tiga pertandingan yang dimainkan. Bersaing di grup H bersama Belgia, Aljazair, dan Korea Selatan, tim “Beruang Merah” mencatat hasil dua kali imbang dan satu kali kalah.

BACA JUGA :   Tahan Brasil, Swiss Ingin Pengakuan Lebih

Pembenahan seakan tak pernah dilakukan Rusia. Dua tahun lalu saat tampil di Piala Eropa 2016 Prancis, Rusia juga tak mampu memperlihatkan tajinya. Mereka tersingkir di fase grup setelah menempati posisi juru kunci di bawah Wales, Inggris, dan Slowakia.

Di saat sebuah hajatan akbar berlangsung di kandang sendiri yakni Piala Konfederasi 2017, Rusia yang coba melakukan perbaikan belum menunjukkan hasil signifikan. Rusia hanya berada di peringkat ketiga di bawah Portugal dan Meksiko dengan hasil sekali menang (lawan Selandia Baru) dan dua kali kalah.

Kini, di saat kebangkitan sedang coba dilakukan di Piala Dunia, tim Rusia harus kehilangan sejumlah pemain andalannya seperti penyerang Alexander Kokorin dan pemain bertahan Georgy Dzhikiya dan Viktor Vasin. Ketiganya harus absen akibat mengalami cedera lutut.

BACA JUGA :   Kolarov Antar Kemenangan Serbia

“Kami realistis saja,” kata striker Artyom Dzyuba. “Kami bukan tim favorit untuk memenangkan Piala Dunia ini , tapi kami akan membawa tim ini keluar dari persaingan grup. Kami bermain di kandang sendiri, kami ingin membuktikan kepada semua orang dan juga diri kami bahwa kami dapat bermain sepakbola,” kata Dzyuba seperti dilansir skysports.com.

Kendati dibayang-bayangi hasil buruk selama persiapannya Cherchesov tetap meyakini timnya mampu bangkit dan memberikan perlawanan. “Suasananya bagus. Kami akan mencapai tingkat yang kami rencanakan. Kami menjadi lebih segar,” kata Cherchesov seperti dilansir dari laman resmi FIFA.com

Dia juga menyatakan Rusia telah mempelajari kekuatan Arab Saudi. Menurut Cherchesov, tidak ada tim yang lemah di persaingan grup ini. Baginya, pertandingan pertama akan sangat penting karena akan mengatur nada sampai batas tertentu. “Kami mencoba untuk menghilangkan semua kekakuan kami,” tegasnya. (Kesit B Handoyo)

(Visited 53 times, 53 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo