Offside.co.id

AS, Kanada dan Meksiko Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Selasa 11 April 2017 10:22 WIB

Offside.co.id – Amerika Serikat (AS), Kanada dan Meksiko ingin berpartisipasi lebih jauh di gelaran Piala Dunia. Ketiga negara itu menawarkan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026 mendatang.

Hingga kini belum ada negara dari CONCACAF yang tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia sejak AS mengambil peran itu pada 1994 silam.

“Kami mengumumkan penawaran kami untuk membawa Piala Dunia kembali ke Amerika Serikat, ke Kanada dan Meksiko pada 2026,” kata Presiden U.S. Soccer, Sunil Gulati dalam konferensi pers di lantai 102 gedung World Trade Center di Manhattan dilansir dari Reuters.

“Kami menanti menyambut dunia setelah penawaran yang kami harap berhasil,” lanjutnya.

Proses penawaran atau bidding untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 akan dilakukan akhir tahun ini, hingga 2020 mendatang.

Dalam penawaran itu, Gulati menyebut nantinya AS akan lebih banyak menyelenggarakan pertandingan dibanding Kanada dan Meksiko. Sebanyak 60 sampai 80 laga akan digelar di AS, sementara Kanada dan Meksiko masing-masing mendapat jatah 10 pertandingan.

“Piala Dunia di Amerika Utara, dengan 60 pertandingan di Amerika Serikat akan menjadi yang paling sukses dalam sejarah Piala Dunia FIFA dalam hal ekonomi,” kata Gulati lagi.

“Kami punya 500 juta orang di tiga negara ini. Ini akan menjadi Piala Dunia yang luar biasa sukses secara finansial dan ekonomi,” lanjutnya.

Wilayah CONCACAF memang menjadi favorit untuk menyelenggarakan gelaran Piala Dunia 2026 setelah FIFA membatasi penawaran bagi Eropa dan Asia.

Pasalnya, Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Rusia (Eropa) dan Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar (Asia).

Kendati begitu, Afrika yang pernah menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan masih bisa mengajukan penawaran dengan Maroko sebagai tuan rumah. (BM)

(Visited 39 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid