Offside.co.id

Hattrick Ronaldo Selamatkan Portugal

Sabtu 16 Juni 2018 13:50 WIB

Offside.co.id – Cristiano Ronaldo tidak hanya sekadar bintang yang sangat diandalkan Portugal. Lebih dari itu dia adalah nyawa bagi timnya. Pemain Real Madrid ini memborong tiga gol ke gawang Spanyol untuk menyelamatkan timnya dari ancaman kekalahan dalam laga pembuka Grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (16/6) dini hari WIB.

Ronaldo membuka keunggulan Portugal dari titik penalti saat pertandingan baru berjalan empat menit. Penalti diperoleh setelah dia dijatuhkan bek Spanyol, Nacho di kotak terlarang. Sedangkan dua gol lain Ronaldo tercipta pada menit 44 dan 88. Gol ketiga Ronaldo yang diciptakan lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti sekaligus menjadi penyelamat timnya dari ancaman kekalahan atas Spanyol.

Apa yang dicatat Ronaldo pada penampilan perdananya ini sekaligus menjadi catatan baru sepanjang kariernya yang sebelum tidak pernah mencetak gol ke gawang Spanyol. Kini, di Rusia, pemain terbaik dunia itu langsung memborong dengan “hattrick”, sekaligus menjadi hattrick pertama di hajatan Piala Dunia 2018 ini.

Spanyol sendiri setelah tertinggal 0-1 berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Diego Costa di menit ke-24. Costa kemudian membuat gol kedua untuk kembali menyamakan kedudukan 2-2 di menit ke-55. Selanjutnya Nacho membuat Spanyol unggul 3-2 pada menit ke-58, sebelum Ronaldo akhir mencetak gol balasan.

Portugal maupun Spanyol sama-sama menurunkan skuat terbaik. Portugal selain mengandalkan Ronaldo juga menurunkan pemain gaek di barisan pertahanan yakni Pepe, serta Joao Moutinho di barisan tengah.

Sedangkan Spanyol, yang harus bangkit setelah dilanda prahara menyusul dipecatnya pelatih mereka, Julen Lopetegui, bisa melepaskan masalahnya. Di bawah penanganan Fernando Hierro, setidaknya hasil imbang ini cukup melegakan.

Dari sisi pemainan pun Spanyol cukup menjanjikan dengan gaya khasnya dari kaki ke kaki dan umpan-umpan pendek yang kerap membahayakan lini pertahanan Portugal.

“Kami semua harus beradaptasi sangat cepat dengan situasi baru, kami hanya punya waktu yang pendek sebelum pertandingan pertama kami, jadi saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas komitmen para pemain kami,” kata Hierro kepada wartawan seusai pertandingan, seperti dilansir laman resmi FIFA.com.

“Ini bukan situasi yang mudah, namun saat Anda memiliki kelompok pemain muda yang sangat bagus, dan staf yang profesional dan hebat, membuat hidup Anda jauh lebih mudah,” lanjutan Hierro, yang mengantikan Lopetegui dua hari jelang pembukaan Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Ini adalah masalah yang ada hubungannya dengan tim, pendekatan kolektif. Tetapi sangat luar biasa memiliki begitu banyak orang berkomitmen yang benar-benar ingin membantu Anda. Jadi saya merasa bahwa saya sangat istimewa,” kata Hierro.

Soal tiga gol Ronaldo yang bersarang di gawang David da Gea, Hierro menolak mengkritik penampilan kiper yang berkiprah di Manchester United itu. “Kami tidak akan menyalahkan siapa pun. Ada saat-saat ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, tapi kami tahu apa yang kami inginkan dan minta dari para pemain kepada pemain kami. Setiap orang harus melihat kami sebagai tim,” Hierro menjelaskan.

Dengan hasil imbang ini Spanyol dan Portugal berbangi angka 1. Mereka pun masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dengan nilai sama (1), sedangkan puncak klasemen Grup B diduduki Iran yang pada laga sebelumnya menang 1-0 atas Maroko. Iran mengemas nilai 3, Maroko 0.

 

Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patricio, Pepe, Raphael Guerreiro, Jose Fonte, Cedric, Cristiano Ronaldo (kapten), Joao Moutinho, Bernardo Silva (69`, Ricardo Quaresma), William, Bruno Fernandes (68`, Joao Mario), Goncalo Guedes (80`, Andre Silva).

 

Spanyol: David de Gea, Gerard Pique, Nacho Fernandez, Sergio Ramos (kapten), Jordi Alba, Sergio Busquets, Andres Iniesta (70`, Thiago Alcantara), Koke, Diego Costa (77`, Iago Aspas), David Silva (86`, Lucas Vazquez), Isco. (Kesit B Handoyo)

 

(Visited 42 times, 7 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo