Offside.co.id

Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

Senin 18 Juni 2018 09:54 WIB

Offside.co.id – Awal yang buruk buat juara bertahan Jerman. Tim Panser dipaksa menyerah Mesiko 0-1 dalam penampilan pertama mereka di persaingan Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6).

Gol tunggal kemenangan Meksiko diciptakan Hirving Lozano menit ke-35 melalui sebuah serangan cepat yang gagal diredam pemain-pemain Jerman.

Bagi Jerman kekalahan ini merupakan yang pertama kalinya dalam catatan sejarah penampilan mereka di laga pembuka Piala Dunia dalam kurun waktu 36 tahun terakhir.

“Babak pertama kami bermain sangat buruk,” kata Joachim Loew, pelatih Jerman. “Kami tidak dapat memaksakan cara biasa kami dalam bermain, serangan dan umpan-umpan kami tidak efektif,” lanjut Loew seusai pertandingan, seperti dilansir laman resmi FIFA.com.

Di babak kedua peluang Jerman lebih banyak diciptakan. Namun serangan bergelombang yang dilancarkan tak pernah berujung dengan gol menyusul rapatnya pertahanan Meksiko.

“Kami punya beberapa tembakan ke gawang tetapi tampaknya kami sedang sial. Bola terkadang seperti tidak mau masuk, sementara terkadang kami tidak menjaga ketenangan dalam penyelesaian akhir,” Loew mengungkapkan.

Dengan kekalahan itu tugas Jerman dalam pertandingan berikutnya menjadi lebih berat. Mereka selanjutnya akan menghadapi Swedia pada 23 Juni di Sochi.

“Mengecewakan karena kalah dalam pertandingan pertama. Ini adalah situasi di mana kami tidak terbiasa sama sekali. Di banyak turnamen sebelumnya kami selalu memenangkan pertandingan pertama,” kata Loew.

Jerman sudah memenangkan tujuh pertandingan pada hajatan Piala Dunia sebelumnya. Satu-satunya kekalahan yang pernah dirasakan Jerman terjadi pada Piala Dunia 1982 saat ditekuk Aljazair 1-2.

Pemain tengah Jerman Toni Kroos mengatakan timnya harus menanggung kekalahan karena tidak mampu menahan serangan Meksiko di babak pertama. “Kami tidak menemukan solusi pada permainan mereka di babak pertama,” kata pemain yang berkiprah di Real Madrid itu.

“Di babak kedua kami lebih baik, Meksiko kelelahan, tetapi kami tidak mampu mencetak gol, meskipun ada peluang,” Kroos melanjutkan. (Kesit B Handoyo)

(Visited 29 times, 4 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo