Offside.co.id

Klinsmann Dipecat dari Timnas AS

Selasa 22 November 2016 12:27 WIB

Offside.co.id – Legenda sepak bola Jerman, Jurgen Klinsmann dipecat dari kursi pelatih tim nasional Amerika Serikat menyusul rentetan hasil buruk yang diperoleh pada babak penyisihan Grup Piala Dunia 2018. Hal ini disampaikan federasi sepak bola AS, US Soccer hari ini (22/11).

“Hari ini kami membuat keputusan sulit untuk berpisah dengan Juergen Klinsmann, pelatih kepala Tim Nasional putra AS dan direktur teknik,” kata presiden US Soccer, Sunil Gulati dalam pernyataannya.

“Kami ingin berterima kasih kepada Jurgen untuk kerja keras dan komitmennya dalam lima tahun terakhir ini,” sambung pernyataan tersebut.

Kontrak Klinsmann sebenarnya baru habis pada 2018 mendatang. Namun menipisnya harapan timnas AS untuk lolos ke Piala Dunia 2018 membuatnya harus menerima risiko pemecatan.

“Ia memikul kebanggaan dalam tanggung jawab untuk mengarahkan program, dan ada pencapaian-pencapaian yang dapat dipertimbangkan sepanjang jalan,” lanjut Gulati.

Klinsmann menjadi pelatih AS sejak 2011, ketika itu pelatih 52 tahun ini menggantikan posisi Bob Bradley. Meski kiprahnya dengan timnas AS mencakup beberapa hasil bagus, ia juga sering dikritik untuk penerapan taktiknya.

AS masih dapat lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, namun dua kekalahan dari Kosta Rika (0-4) dan Meksiko (1-2), membuat mereka menghuni dasar klasemen kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF.

“Meski kami percaya diri bahwa kami memiliki pemain-pemain berkualitas untuk membantu kami melaju ke Rusia 2018, bentuk dan pertumbuhan tim pada poin ini membuat kami yakin bahwa kami perlu melaju ke arah yang berbeda,” kata Gulati.

“Dengan pertandingan kualifikasi selanjutnya akan dilangsungkan pada akhir Maret, kami memiliki beberapa bulan untuk memfokuskan ulang grup dan menentukan langkah terbaik untuk memastikan perjalanan yang sukses untuk lolos ke Piala Dunia untuk kedelapan kalinya secara beruntun,” pungkasnya.

(Visited 443 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid