Offside.co.id

Kosovo, Debutan Baru di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Minggu 4 September 2016 11:50 WIB

Offside.co.id – Kosovo siap melakoni debutnya sebagai anggota baru FIFA pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018. Sejarah pun akan mereka cetak kala melakoni laga melawan Finlandia, Senin (5/9). Kosovo sendiri menjadi anggota ke-210 FIFA sejak Mei 2016.

Kendati begitu, asosiasi sepak bola Kosovo tengah mempertimbangkan untuk mengambil para pemain berdarah Kosov yang saat ini tersebar memperkuat negara lain. Sejauh ini ada beberapa pesepak bola berdarah Kosovo yang bermain untuk negara lain seperti Adnan Januzaj, Xherdan Xhaqiri, Granit Xhaka, Valon Behrami dan lain-lain.

BACA JUGA :   Modric Bawa Kroasia Ungguli Nigeria

Namun menurut aturan FIFA, seorang pemain yang sudah bermain untuk tim nasional lain tidak boleh berpindah kesetiaan, sehingga sejumlah pemain potensial Kosovo harus mengajukan izin khusus secara individual, dan ini hal yang masih ditunggu.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya karena mereka bermain untuk tim nasional lain saat Kosovo belum menjadi anggota FIFA. Sekarang mereka harus diberi kesempatan ini seperti orang lain,” kata Fadil Vokrri kepala asosiasi sepakbola Kosovo dilansir dari AFP.

Kosovo secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan dari Belgrade pada 2008 dan tetap tidak diakui oleh beberapa negara, termasuk Serbia dan Rusia. Serbia sendiri menentang keras masuknya Kosovo menjadi anggota FIFA setelah UEFA menyetujui keanggotaan mereka.

BACA JUGA :   Jerman Tumbang Setelah 36 Tahun

“Ini mimpi yang jadi kenyataan,” tulis gelandang Alban Muja pada halaman Facebook. Alban berhasrat bisa bermain untuk Kosovo dan meninggalkan Albania.

Sebanyak 24 pemain dengan garis keturunan Kosovo sudah bermain untuk enam tim nasional lainnya. Sebagian besar dari mereka bermain untuk Albania.

(Visited 562 times, 2 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid