Offside.co.id

Tekuk Kolombia, Jepang Catat Sejarah Baru

Rabu 20 Juni 2018 14:22 WIB

Offside.co.id – Tim Negeri Matahari Terbit Jepang mengawali langkah gemilang di persaingan Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Mordovia, Selasa (19/6) malam. Mereka membuat catatan sejarah penting setelah menjungkalkan Kolombia 2-1.

Kemenangan ini menjadi catatan baru dalam kiprah Jepang menghadapi tim-tim asal Amerika Latin. Inilah kemenangan pertama Jepang sekaligus tim pertama dari Asia atas wakil zona Concacaf tersebut.

Jepang bahkan mampu membuat gebrakan saat pertandingan baru berjalan enam menit. Mereka unggul 1-0 lewat gol Shinji Kagawa dari tendangan penalti. Penalti untuk Jepang diperoleh setelah pemain belakang Kolombia Carlos Sanchez tertangkap melakukan handball.

Apa yang dilakukan Sanchez seakan menjadi pertanda kekalahan Kolombia karena pemain ini langsung mendapat kartu merah dan diusir keluar lapangana karena wasit menilai pemain itu sengaja menahan bola dengan tangannya.

Tak ayal lagi Kolombia pun harus bermain dengan 10 orang. Kondisi ini dimanfaatkan Jepang untuk lebih menekan tim lawan. Kendati tidak gampang karena Kolombia tetap memberikan perlawanan memadai dan membuat sejumlah peluang emas, Jepang tetap bisa menyelesaikan laga pembuka dengan kemenangan.

Kolombia sendiri berhasil menyakakan kedudukan melalui tendangan bebas Juan Quintero di menit ke-19.

Namun, Jepang yang unggul jumlah pemain akhirnya bisa mencetak gol kedua lewat sundulan Yuya Osako menit ke-73 menyambut tendangan sudut Keisuke Honda.

Jepang maupun Kolombia menurunkan skuat terbaik mereka. Jepang di antaranya menurunkan Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, dan Shinji Kagawa, sementara di bangku cadangannya ada Keisuke Honda dan Shinji Okazaki. Sedangkan Kolombia, menurunkan David Ospina, Juan Cuadrado, dan Radamel Falcao.

Susunan Pemain

Kolombia: David Ospina, Santiago Arias, Davinson Sanchez, Oscar Murillo, Johan Mojica, Carlos Sanchez (kartu merah), Jefferson Lerma, Juan Cuadrado (31′, Wilmar Barrios), Juan Quintero (59′, James Rodriguez), Jose Izquierdo (70′, Carlos Bacca), Radamel Falcao (kapten).

Jepang: Eiji Kawashima, Yuto Nagatomo, Gen Shoji, Maya Yoshida, Hiroki Sakai, Makoto Hasebe (kapten), Gaku Shibasaki (80′, Hotaru Yamaguchi), Takashi Inui, Shinji Kagawa (70′, Keisuke Honda), Genki Haraguchi, Yuya Osako (85′, Shinji Okazaki). (Kesit B Handoyo)

 

 

 

(Visited 114 times, 13 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo