Offside.co.id

20 Suporter Rusia ‘Dipulangkan’

Minggu 19 Juni 2016 06:08 WIB

Offside.co.id – Anarkisme yang ditunjukkan suporter Rusia di Piala Eropa 2016, akhirnya berbuntut tindakan tegas. Sebanyak 20 suporter Rusia, termasuk tokoh sayap kanan Alexander Shprygin, dibawa ke bandara Nice untuk dipulangkan ke Moskow, Sabtu (18/6) waktu Prancis.

20 orang itu merupakan bagian kelompok yang terdiri dari 43 suporter yang ditahan kepolisian Prancis, termasuk Shprygin yang menjabat ketua persatuan suporter timnas Rusia sekaligus ajudan anggota parlemen kubu nasionalis Igor Lebedev.

Para suporter ini diperintahkan untuk segera meninggalkan Prancis  lantaran didakwa mengganggu ketertiban publik. Mereka diantar ke bandara menggunakan beberapa mobil van dari Marseille.

Seperti yang dituliskan AFP, para penyidik Prancis menyakini para hooligan Rusia yang terlibat dalam aksi kekerasan sudah menyiapkan keributan. Meski demikian otoritas Prancis sulit mendakwa mereka atas tuduhan tertentu kendati polisi sudah memeriksa rekaman kerusuhan selama 200 jam.

Tiga orang dari kelompok itu akan dipenjara selama dua tahun terkait peran mereka dalam perkelahian jalanan dengan suporter Inggris di Marseille.

(Visited 156 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni