Offside.co.id

Jersey Timnas Inggris Buatan Indonesia

Senin 6 Juni 2016 09:36 WIB

Offside.co.id – Turnamen Piala Eropa 2016 sebentar lagi akan dimulai. Siapa sangka, Indonesia juga ikut berkontribusi pada gelaran event empat tahunan tersebut. Bukan timnas Indonesia yang ikut berlaga, namun jersey atau kostum salah satu kontestan merupakan buatan Indonesia.

Ya, ternyata jersey yang akan dipakai timnas Inggris merupakan produk yang dibuat oleh pabrik dan pekerja di Jakarta, Indonesia. Hal tersebut terungkap dari sebuah laporan investigasi The Sun.

BACA JUGA :

Eden Hazard Bertekad Bangkit Bersama Chelsea

Dijelaskan bahwa jersey timnas Inggris, yang disuplai oleh aparel asal Amerika, ternyata diproduksi oleh PT Grand Best Indonesia. Diungkap pula bahwa perusahaan ini juga memproduksi jersey Barcelona dan PSG.

BACA JUGA :   Hattrick Ronaldo Selamatkan Portugal

Masih dari laporan yang ditulis oleh The Sun, para pekerja di tempat tersebut mendapatkan upah senilai 165 poundsterling setiap bulan. Jika dikalkulasikan dalam kurs rupiah, maka gaji para pekerja tersebut yakni, Rp 3.198.525 perbulan. Jumlah ini setara dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta senilai Rp 3.100.000.

Gaji tersebut, dalam laporan The Sun, dinilai tidak layak atau terlalu rendah. Pasalnya, kemungkinan mereka memakai perbandingan dengan gaji di Eropa. Selain itu, gaji tersebut juga dianggap kurang jika dibandingkan dengan harga satuan jersey timnas Inggris yang dibanderol senilai 60 pounds atau Rp 1.163.100.

BACA JUGA :   Tahan Brasil, Swiss Ingin Pengakuan Lebih

“Sembilan puluh tiga persen dari pekerja adalah perempuan. Banyak diantara mereka yang tinggal di gubuk-gubuk kecil di jalan-jalan kotor di mana kambing dan ayam berkeliaran dengan bebas, dan penuh dengan tumpukan sampah yang beterbangan,” tulis The Sun. (BM)

BERITA MENARIK LAINNYA :

Ada Ronaldo, Portugal Rawan Diserang Teroris!

Jelang Piala Eropa 2016, Periode Positif Tim Unggulan

Rashford Diyakini Tak Akan Dimainkan Hodgson

Timnas Inggris Resmi Setorkan 23 Nama

(Visited 376 times, 8 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid