Offside.co.id

Menurut UEFA, Liverpool Juara Inggris di Sektor Ini

Sabtu 4 Februari 2017 07:48 WIB

Offside.co.id – Dari Nyon (Swiss), UEFA meliris data klub peraih kompensasi atas pelepasan pemain-pemainnya di ajang Euro 2016. Liverpool jadi “juara” di tanah Inggris.

Ya, The Reds memimpin klub-klub Inggris dalam perolehan kompensasi tersebut. Total, negeri Ratu Elizabeth itu mengambil kue terbesar dari jatah 150 juta Euro (Rp 2,15 triliun) kompensasi yang diberikan oleh UEFA.

Ironisnya, sementara 60 klub Inggris berbagi jatah 38 juta Euro (Rp 545 miliar), klub-klub Islandia yang negaranya mempermalukan Inggris di turnamen hanya mendapat hanya 118 ribu Euro (Rp 1,7 miliar). Hampir semua pemain Islandia bermain di klub asing.

Juventus dan Liverpool masing-masing memiliki 12 pemain di Euro 2016. Klub Italia itu menerima 3,5 juta Euro (Rp 50 miliar) dan Liverpool 3,4 juta Euro (Rp 49 miliar).

Enam pemain Juve ada di skuad Italia, sementara pilar lainnya seperti Paul Pogba dan Patrice Evra membela Prancis, Sami Khedira di timnas Jerman dan masing-masing satu pemain berkostum Spanyol, Kroasia, dan Swiss.

Liverpool memiliki James Milner, Adam Lallana, Nathaniel Clyne, Jordan Henderson dan Daniel Sturridge dalam skuad Inggris. Sedangkan Joe Allen dan Danny Ward di Wales, Simon Mignolet, Divock Origi, dan Christian Benteke bersama Belgia. Dua pemain lagi, Emre Can dan Martin Skrtel membela Jerman dan Slovakia.

Hampir tidak ada tim di putaran final atau kualifikasi yang tidak memiliki pemain dari salah satu klub Liga Inggris.

Tottenham Hotspur, melepas 11 pemain dan Manchester United merelakan 10 pilar, menempati posisi klub ketiga dan keempat penerima kompensasi tertinggi. Spurs mendapat 3 juta Euro dan MU 2,9 juta Euro. Yang mengejutkan, klub Stevenage di Liga Dua mendapat 8,6 juta Euro!

UEFA mengatakan, sejumlah 641 klub dari 54 negara mendapat kompensasi itu. Klub-klub Jerman yang dipimpin Bayern Munich, jadi penerima kompensasi terbesar kedua, meskipun “cuma” 18, 5 juta Euro, alias kurang dari setengah kompensasi klub-klub Inggris.

BACA JUGA :   Tiga Suporter Tewas Harus Diusut Tuntas

Klub-klub Italia mendapat 15, 8 juta Euro, klub Spanyol 10,4 juta, klub Prancis 7,2 juta juta, disusul klub-klub Rusia dengan total kompensasi 6,97 juta Euro.

Portugal memang mengalahkan Prancis di final, tetapi karena sebagian besar pemain mereka berada di luar negeri, klub-klub mereka hanya menerima 2,5 juta Euro.

Berdasarkan kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa, UEFA menyisihkan 150 juta Euro untuk klub yang melepas pemain agar tampil membela negaranya di putaran final Euro di Prancis.

Jumlah itu di atas tahun-tahun sebelumnya yang hanya (total) 50 juta Euro. UEFA telah setuju untuk menaikkan jumlah itu jadi 200 juta Euro untuk kompensasi edisi Piala Eropa 2020.

Karl-Heinz Rummenigge yang mengetuai tim penetapan kompensasi (ECA), menilai klub telah berinvestasi lewat sumber daya yang substansial dalam pengembangan pemain. Mereka berkontribusi pada olahraga dan kesuksesan finansial sepak bola, dalam hal ini, tim nasional.

“Oleh karena itu, penting dan adil untuk memperhatikan dan menghargai klub yang telah melepas pemain mereka. Kami senang dengan adanya kesepakatan serius dengan UEFA, yang menguntungkan banyak klub dari seluruh Eropa,” ujarnya. (SN)

(Visited 198 times, 1 visits today)
Editor: Sigit Nugroho