Offside.co.id

Tradisi Dominasi Prancis Atas Islandia Berlanjut

Senin 4 Juli 2016 08:02 WIB

Offside.co.id – Seperi yang diduga, Prancis akhirnya menang mudah atas Islandia di babak perempatfinal Piala Eropa 2016 . Tim Ayam Jantan menang telak 5-2. Hasil akhir yang tidak hanya menunjukkan dominasi skuad asuhan Didier Deschamps atas Islandia namun juga membuat Prancis lolos ke babak semifinal.

Lima gol kemenangan Prancis dilesakkan oleh Oliver Giroud pada menit ke-12 dan 59, Paul Poga pada menit 19, Dimitri Payet pada menit ke-42, Antoni Griezmann pada menit ke-45.Sementara gol balasan Islandia dibukukan oleh Sigthossoon pada menit ke-56 dan Bjarsnason pada menit ke-84.

Dari statistik yang dikeluarkan whoscored.com, Prancis sejatinya tak unggul mutlak dalam beberapa hal. Penguasaan bpla mereka hanya 52,6 %. Sementara jumlah total peluang hanya 15. Bandingkan dengan Islandia yang mampu melesakkan 11 peluang. Namun Prancis mampu tampil lebih efektif.

“Ada banyak hal positif yang bisa kami ambil dari pertandingan malam ini. Saya senang untuk para pemain karena mereka layak mendapatkannya,” ujar Deschamps selepas pertandingan seperti dilansir situs resmi UEFA. “Itu tidak mudah untuk mengelola segala sesuatu, tetapi malam ini kami melakukan semua yang kami harus lakukan di babak pertama. Setelah itu kami membiarkan sedikit Islandi berkembang,” lanjutnya.

Hasil positif tersebut, seolah-lah telah mengukuhkan dominasi Prancis saat bersua Islandia. Sebelumnya, seperti dilansir Soccerway, dalam 11 laga terakhir antara kedua tim, Islandia tercatat tidak pernah meraih kemenangan atas Les Blues. Tim Ayam Jantan sangat perkasa dengan rekor delapan kemenangan dan tiga hasil imbang.

Catatan gol dari 11 pertemuan antara Prancis dan Islandia juga timpang. Pada laga yang digelar Juni 1957, Prancis bahkan pernah menghajar Islandia dengan skor 8-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 1958. Lalu, keduanya bertemu kembali pada September 1957. Lagi-lagi Islandia ditekuk dengan skor 5-1. Kini, rekor jumlah gol yang banyak itu kembali terjadi.

(Visited 133 times, 7 visits today)
Editor: Hanif Marjuni