Offside.co.id

PSG Rekrut Mbappe, UEFA Langsung Turun Tangan

Sabtu 2 September 2017 16:51 WIB

Offside.co.id – Badan Sepakbola Eropa (UEFA) mulai turun tangan. UEFA akan melakukan ivestigasi terkait pembelian pemain yang dilakukan klub Prancis, Paris St Germain (PSG) terhadap Neymar (Barcelona) dan Kyllian Mbappe (AS Monaco).

Investigasi yang akan dilakukan UEFA mencuat saat Kamis lalu PSG kembali membuat kejutan dengan merekrut Mbappe. Mbappe menjadi pemain baru PSG setelah kedua klub sepakat untuk membayar sebesar 180 juta euro. Namun, saat ini status Mbappe hanya sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian sebesar angka yang mereka sepakati bersama tersebut.

PSG dianggap telah melakukan aturan tentang Financial Fair Play sebuah klub. PSG dinilai melakukan pengeluaran yang nilainya melebihi peraturan. Bahkan sejak 2014 klub ini telah didenda akibat pelanggaran yang dilakukan.

BACA JUGA :   Seri lagi, Persib Pun Mencatat "Hattrick"

PSG merupakan yang  dimiliki konsorsium Qatar. Sejak lembaga keuangan ini bergabung, PSG telah menghabiskan uang lebih banyak dari klub manapun dalam satu bursa transfer.

“Bagian investigasi dari Badan Pengawas Keuangan klub UEFA telah membuka penyelidikan formal ke Paris Saint-Germain sebagai bagian dari pemantauan klub berdasarkan peraturan Financial Fair Play (FFP),” demikian pernyataan resmi UEFA seperti dilansir dari laman AS.

Investigasi akan difokuskan pada kepatuhan klub, utamanya terkait dengan kegiatan transfer pemain yang mereka lakukan akhir-akhir ini. Dalam beberapa bulan ke depan, bagian Investigasi Badan Pengawas Keuangan klub UEFA akan bertemu secara rutin untuk mengevaluasi semua dokumentasi yang berkaitan dengan kasus ini. Dan mereka akan melakukannya dengan sangat hati-hati.

BACA JUGA :   Persija Nyaris Permalukan Arema di Kanjuruhan

UEFA menganggap Financial Fair Play sebagai mekanisme tata kelola yang penting yang bertujuan untuk memastikan keberlanjutan keuangan sepakbola klub Eropa. UEFA sendiri tidak akan berkomentar lebih lanjut mengenai masalah ini di saat penyelidikan sedang berlangsung. (KS)

 

(Visited 135 times, 135 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo