Offside.co.id

Saudi Tegaskan Tak Gentar Lawan Rusia!

Kamis 14 Juni 2018 11:49 WIB

Offside.co.id – Arab Saudi boleh sedikit menarik napas lega menjelang penampilan pertama pada persaingan Grup A Piala Dunia 2018. Tim yang diarsiteki Juan Antonio Pizzi itu menghadapi tim Rusia yang kekuatannya masih belum menentu di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6) malam ini WIB.

Walaupun Rusia bertindak sebagai tuan rumah, namun catatan yang dimiliki tim ini tidak lebih baik dibandingkan Arab Saudi. Bahkan Rusia menjadi tim tuan rumah yang kurang difavoritkan karena buruknya hasil-hasil yang mereka catat sepanjang persiapannya.

Dilansir dari laman resmi FIFA.com, Pizzi menyatakan timnya akan bermain tanpa takut. Mereka tidak gentar dengan tim tuan rumah. Ia juga menegaskan Arab Saudi siap untuk mencatatkan dirinya sebagai tim pertama yang meraih kemenangan di Piala Dunia 2018 ini dengan mengalahkan Rusia di laga pembuka.

Kendati memiliki catatan yang kurang meyakinkan selama persiapan menuju Rusia, Pizzi tidak khawatir kekalahan-kekalahan yang dirasakan timnya dari Italia, Jerman, dan Peru menjadi ganjalan di Rusia. “Kami akan mencari cara untuk mengalahkan mereka (Rusia),” Pizzi menegaskan.

Bagi Arab Saudi, penampilan di Piala Dunia kali ini merupakan yang kelima kalinya setelah terakhir kali hadir pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Sepanjang keikutsertaannya di event akbar ini, Arab Saudi baru merasakan dua kemenangan yakni saat tampil di Piala Dunia 1994 di AS. Ketika itu Arab Saudi menang atas Maroko 2-1 dan Beliga 1-0. Sukses tersebut mengantarkan mereka ke putaran kedua, sebelum akhirnya rontok di tangan Swedia 1-3.

Setelah kemenangan terakhir dari Belgia, Arab Saudi tak pernah lagi mampu meraihnya pada tiga edisi Piala Dunia berikutnya yang mereka ikuti secara beruntun yakni 1998 Prancis, 2002 Korea-Jepang, dan 2006 Jerman.

“Kami siap, kami tidak takut,” kata Pizzi dalam konferensi pers menjelang pertandingan.

“Kami berencana menjadi protagonis dan akan mencoba untuk lebih banyak mengendalikan permainan. Tujuan kami adalah menang lawan Rusia. Kami ingin mengukur diri melawan tim-tim terbaik di dunia,” Pizzi melanjutkan.

Menurut kapten tim Arab Saudi, Osama Hawsawi, hasil tidak menggembirakan yang dicatat timnya selama persiapan bukan ukuran bahwa mereka kemudian tidak akan mampu berbuat banyak pada laga pembuka Grup A.

“Saya tidak berpikir kita harus fokus pada persahabatan. Terpenitng penting adalah pertandingan besok (hari ini, red). Piala Dunia sangat spesial, kami ingin memberikan yang terbaik, dan kami akan melakukannya,” kata Hawsawi.

Ditambahkan, ada begitu banyak hal yang tidak terduga di Piala Dunia. Arab Saudi fokus pada pertandingan pembukaan, karena laga itu akan menjadi awal untuk mengatur irama pada laga-laga berikutnya. (Kesit B Handoyo)

(Visited 36 times, 5 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo