Offside.co.id

Suporter Celtic Kibarkan Bendera Palestina

Kamis 18 Agustus 2016 16:38 WIB

Offside.co.id – Ratusan suporter Glasgow Celtic menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dengan mengibarkan bendera negara tersebut pada laga playoff Liga Champions leg pertama melawan klub Israel, Hapoel Be’er Sheva.

Hal ini tentunya bertolak belakang dengan mayoritas negara eropa yang acuh dengan hal tersebut. Saat yang lain mengabaikan, sejumlah pendukung Celtic justru secara terang-terangan menunjukkan solidaritasnya kepada rakyat Palestina.

Dikutip dari Middle East Eye, Kamis (18/8), gerakan 800 orang pendukung Celtic melalui sosial media diberi nama ‘Fly the flag for Palestine, for Celtic, for Justice’. Sebelum memasuki stadion, mereka membagikan bendera dan selebaran yang menjelaskan mengenai terbentuknya negara zionis Israel pada tahun 1948.

“UEFA, Celtic harusnya tidak mengakui Israel. Mereka sudah jelas melanggar resolusi PBB. Mereka (Israel) harusnya bertanggung jawab kepada hukum internasional,” tulis selebaran yang dibagikan di Stadion Celtic Park.

Aksi ini ternyata bukan kali pertama bagi pendukung Celtic. Pada 2014 lalu, mereka juga melakukan aksi yang sama ketika Celtic menjamu klub Islandia, KR Reykjavik. Aksi solidaritas Palestina saat melawan KR Reykjavik karena alasan Islandia mendukung Israel.

Pada laga tersebut, Celtic berhasil menang besar dengan skor 5-2. Dan akibat ulah suporternya, UEFA kemungkinan bakal menjatuhkan denda kepada Celtic.

Celtiv-v-H-Beer-Sheva

Celtiv-v-H-Beer-Sheva (3)

Celtiv-v-H-Beer-Sheva (2)

Celtiv-v-H-Beer-Sheva (1)

(Visited 2.395 times, 5 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid