Offside.co.id

Terinspirasi Aksi N’Kono, Buffon Beralih Jadi Kiper

Rabu 22 November 2017 14:30 WIB

Offside.co.id – Rupanya sebelum terkenal menjadi soerang penjaga gawang, Gianluigi Buffon mengaku dulunya adalah seorang pemain gelandang. Namun kemudian terinspirasi menjadi kiper setelah menyaksikan penampilan penjaga gawang Kamerun di Piala Dunia 1990 Italia.

Buffon mengawali kariernya di akademi sepakbola klub Parma sejak 1991, saat usianya menginjak 13 tahun. Ia sendiri sempat bermain di beberapa posisi, sebelum memutuskan fokus sebagai pemain yang berdiri di bawah mistar.

Keputusan menjadi kiper tak lepas dari kekaguman Buffon pada penampilan kiper timnas Kamerun, Thomas N’Kono, di Piala Dunia 1990.

N’Kono dikenal sebagai sosok kiper yang dinamis, atletis, dan agresif. Ia kerap melakukan penyelamatan-penyelamatan akrobatik dan kerap meninju bola-bola krosing yang datang ke area kotak penalti.

Kamerun saat itu berhasil menembus babak perempat final sebelum akhirnya dijinakkan oleh Inggris dengan skor 3-2.

“Saya bermain sebagai gelandang sampai berusia 12, dan kemudian datang dorongan menonton Piala Dunia 1990 dan bersimpati dengan Kamerun,” kenang kapten Juventus itu seperti dikutip situs resmi UEFA.

“Di sanalah saya mengagumi Thomas N’Kono dan saya ingin meniru dirinya,” sambung kiper berusia 39 tahun ini.

“Setelah itu, setiap kali saya bermain di bawah mistar gawang, ayah saya kadang-kadang mengatakan bahwa saya sebenarnya bermain tidak seburuk itu,” ujar Buffon. (HISAN/KS)

(Visited 44 times, 3 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo