Offside.co.id

Terlibat “Match Fixing”, FIFA Hukum Seumur Hidup Wasit Ini!

Selasa 21 Maret 2017 08:26 WIB

Offside.co.id – Hukuman berat dijatuhkan Badan Sepakbola Dunia (FIFA) kepada wasit Joseph Odartei Lamptey. Wasit asal Ghana itu harus menerima kenyataan pahit setelah FIFA menghukum selama seumur hidup larangan terlibat pertandingan sepakbola.

Lamptey terbukti melakukan pelanggaran berat setelah terlibat dalam pengaturan skor (match fixing) saat memimpin pertandingan antara Afrika Selatan (Afsel) lawan Senegal pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika, 12 November 2016 lalu. Wasit berusia 42 tahun ini terbukti memberikan “hadiah” penalti kontroversial kepada tuan rumah Afsel dalam laga yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Afsel.

Dilansir dari As.com, Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) sebelumnya telah menghukum Lamptey selama 3 bulan. Namun, kasus ini menjadi perhatian serius FIFA yang melanjutkan pemeriksaan terhadap Lamptey terkait keputusan penalti yang diberikan kepada Afsel.

“Wasit itu dinyatakan bersalah karena telah melawan hukum yang memengaruhi hasil pertandingan,” demikian FIFA dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataannya, Badan Sepakbiola Dunia yang bermarkas di Zurich, Swiss itu juga menegaskan bahwa tidak menjatuhkan hukuman terhadap dua wasit Ghana lainny, David Lionheart dan Nii Lartey Laryea, yang juga masih dalam tahap pemeriksaan.

“Informasi lebih lanjut  terhadap mereka akan diberikan setelah ada keputusan final dan mengikat,” kata FIFA.

Selanjutnya FIFA menegaskan, akan terus melanjutkan upaya-upaya  memerangi manipulasi pertandingan melalui berbagai inisiatif. FIFA terus melakukan pemantauan taruhan internasional dan sistem pelaporan rahasia baik yang dilakukan langsung atau melalui suratr elektornik. (KS)

(Visited 135 times, 4 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo