Offside.co.id

Ternyata, Trio Tajam Eropa Ada di Lyon!

Kamis 30 November 2017 02:42 WIB

Offside.co.id – Sudah  memainkan 12 pertandingan dengan catatan tak terkalahkan. Mencetak 24 gol dalam tujuh pertandingan terakhir, mencatat rekor 651 menit tanpa kebobolan, dan telah menang 5-0 dalam tiga laga terakhir.

Mereka juga memiliki trio yang telah mencetak lebih banyak gol di liga daripada trio lainnya di Eropa. Siapa mereka? Barcelona? Paris Saint Germain? Manchester City? Bukan. Mereka tak lain adalah Lyon!

Sejak tendangan bebas menit terakhir Nabil Fekir memastikan kemenangan 3-2 atas Monaco pada pertengahan Oktober lalu, mereka tak terbendung.

Setelah pertandingan itu banyak hal terjadi pada tubuh Lyon. Pelatih mereka Genesio, mendapat banyak tekanan, berjuang untuk mendapatkan yang terbaik dari skuat muda yang sangat berbakat.

Lyon (foto: madeingones.com)

Dan, saat itu, Lyon berada di urutan kedelapan dengan hanya meraih 13 poin dari tiga kemenangan, empat seri, dan satu kekalahan dari PSG. Mereka tertinggal enam poin di belakang Monaco pada posisi kedua dan sembilan poin di bawah pimpinan klasemen, PSG. Genesio, waktu itu punya lima game untuk menyelamatkan pekerjaannya.

Pertama datang Monaco, kemudian pelatih dan timnya membangun kemenangan ajaib 3-2 dengan tujuh kemenangan dari delapan penampilan di semua kompetisi.

Fekir sangat hebat, dengan 11 gol dalam 11 pertandingan di Ligue 1. Musim lalu, tim bermain dalam formasi 4-3-3 sangat cocok untuk striker Alexandre Lacazette, yang berangkat ke Arsenal di musim panas.

Musim ini, Lyon bermain dalam sistem 4-2-3-1 untuk Fekir, yang memiliki peran bebas sebagai second strike.

Pemain berusia 24 tahun itu harus banyak melakukan usaha sendiri seperti, membawa tim, menciptakan peluang, mencetak gol dan memimpin (karena dia kapten Lyon). Dia telah menjadi pemain Lyon yang setara dengan Lionel Messi untuk Barcelona. Namun, dalam beberapa pekan terakhir, pemain lainnya  juga mulai mengangkat permainan Lyon.

Memphis Depay, yang turun di awal musim, sekarang memiliki tujuh gol dan dua assist dalam tujuh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Mariano Diaz, striker yang didatangkan dari Real Madrid di musim panas, yang tidak pernah bermain  di La Liga untuk klub raksasa Spanyo itul, telah mencetak 10 gol di Ligue 1 dan sekarang ia mulai bermain lebih banyak dengan rekan setimnya.

Di antara mereka, Fekir (11), Depay (9), dan Diaz (10) telah mencetak 29 gol di liga sejauh ini, satu gol lebih banyak dari tio “MCN”, Mbappe, Cavani, dan Neymar yang terkenal di PSG, dan unggul empat gol dari Sergio Aguero, Gabriel Jesus dan Raheem Sterling di Manchester City.

Nabil Fekir (Foto: givemesport.com)

Perbaikan yang paling tak terduga adalah ketangguhan defensif yang ditemukan oleh tim. Setelah kebobolan 14 gol dalam 10 pertandingan pertama musim ini, kemudian mereka menjaga pertahanan dengan sangat baik, mereka hanya kebobolan tiga gol di sembilan laga terakhir mereka, dengan tujuh cleansheet berturut-turut di semua kompetisi.

Marcelo, yang direkrut dari Besiktas di musim panas, adalah bagian yang sangat penting darinya. Bek Brasil berusia 30 tahun itu bukanlah yang tercepat atau paling mobile, namun pengalaman dan pembacaan permainannya sangat berharga.

Dia adalah bos di lini belakang, dia memiliki Jeremy Morel atau Mouctar Diakhaby di sebelahnya, Kenny Tete atau Rafael di kanan, dan Ferland Mendy atau Marcal di sebelah kiri.

Sebagai satu kesatuan, para pemain menyadari bahwa mereka harus melakukan lebih banyak secara individual untuk mempertahankan klub.

Lyon menginvestasikan musim panas lalu dengan baik setelah menjual massal pemain bintangnya seperti Lacazette, Corentin Tolisso, dan Maxime Gonalons, tapi juga membawa generasi berikutnya dari akademi.

Aouar bergabung dengan Myziane Maolida (18), Amine Gouiri (17) dan Willem Geubbels (16). Jangan lupa bahwa Depay masih 23, sementara Bertrand Traore, Tete dan Mendy berusia 22 dan Maxwell Cornet berusia 21 tahun.

Lyon akan bersiap tengah pekan ini, mereka menjadi tuan rumah saat Lille berkunjung, Rabu ini, berada di posisi kedua, unggul dari Monaco dengan selisih gol dan satu poin dari Marseille. Ketiganya akan bertarung untuk posisi kedua di belakang PSG, namun Lyon yakin mereka bisa unggul dari rival mereka. (IZZAT/KS)

(Visited 202 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo
Powered by Live Score & Live Score App