Offside.co.id

UNESCO Kutuk Tindakan Rasis Terhadap Matuidi

Selasa 9 Januari 2018 21:23 WIB

Offside.co.id – Tindakan rasisme yang dialami gelandang Juventus, Blaise Matuidi, dari fans Cagliari saat Juventus bertandang ke kandang mereka, mendapat perhatian serius dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), khususnya UNESCO.

Bahkan, Direktur Jendral UNESCO, Audrey Azoulay dan Menteri Olahraga Prancis, Laura Flessel mengutuk perbuatan rasisme tersebut. “Rasisme tidak memiliki tempat dalam olahraga, di dalam atau di luar lapangan,” ujar Audrey dan Laura dalam sebuah pernyataan bersama seperti dilansir dari Football Italia.

BACA JUGA :   Gol Fadil Masuk 5 Besar Gol Terbaik Dunia!

“Kami mengutuk dengan cara yang paling kuat penghinaan rasial yang diderita oleh Blaise Matuidi, pemain untuk Juventus dan tim nasional Prancis. Kami mengutuk semua tindakan rasis yang mengganggu terlalu banyak acara olahraga di seluruh dunia, olahraga harus menjadi vektor untuk transendensi, saling pengertian dan toleransi,” katanya.

Mereka juga menegaskan bahwa olahraga, terutama sepakbola, harus bisa mengajarkan toleransi dan rasa hormat, bukan tempat penyaluran kebencian maupun diskriminasi. “Tidak ada pembenaran olahraga untuk menimbulkan kebencian, diskriminasi dan penolakan. Olahraga, terutama sepak bola yang diikuti oleh jutaan orang, harus memproyeksikan yang terbaik dari diri kita sendiri, dan harus mengajarkan toleransi dan rasa hormat,” tutup mereka. (ANDI/KS)

(Visited 11 times, 11 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo