Offside.co.id

Van Basten Minta Aturan Offside Dihapus

Minggu 22 Mei 2016 18:33 WIB

Legenda sepakbola Belanda, Marco Van Basten berpendapat jika sepakbola harus mulai menerapkan beberapa perubahan agar menjaga olah raga ini tetap bisa atraktif. Ia berpendapat jika banyak tim belakangan ini bermain sangat defensif dan meminta peraturan offside untuk dihapuskan.

“Terlalu banyak pemain yang suka membuang waktu dalam sepakbola. Kami membutuhkan sesuatu untuk melewan itu. Para pemain harus diberi kartu merah jika mereka ingin membuang waktu. Tempo permainan harus tetap tinggi,” ujar Van Basten kepada Algeemen Dagblad.

“Sepakbola harus selalu dimainkan dengan tensi tinggi, adil dan atraktif. Saya pikir ini merupakan tantangan besar ketika wasit harus mengambil keputusan,” jelasnya lagi.

“Lihat saja bagaimana sepakbola telah berkembang. Sepakbola modern seperti permainan bola tangan. Anda bisa melihat 11 pemain bertahan di ujung area mereka,” kritiknya.

“Kita mungkin bisa menghapus sekalian peraturan offside. Peraturan itu cukup rumit dan selalu membuat banyak diskusi. Para pemain akan terbiasa dengan penghapusan itu dengan cepat,” paparnya.

Tidak hanya penghapusan peraturan offside, ia juga meminta sepakbola mulai menggunakan rekaman video untuk mengambil keputusan dan memberikan hukuman yang lebih berat jika ada seorang pemain yang mencoba mengulur waktu agar sepakbola bisa tetap enak ditonton.

“Sepakbola secara umum juga telah banyak berubah dan lebih menyenangkan 50 tahun lalu, tapi sekarang ini merupakan bisnis besar. Banyak uang berputar di sini.”

“Saya juga berharap jika penggunaan video untuk wasit bisa mulai digunakan sebelum Piala Dunia 2018. Video yang bisa menjadi fokus wasit dalam situasi kunci seperti jelang terjadinya gol, penalti dan kartu merah. Selalu akan ada kesalahan kecil, tapi selalu ada tempat untuk berkembang,” pungkas Van Basten.

(Visited 53 times, 1 visits today)
Editor: Bakhtiar Majid