Offside.co.id

Wow! Serie-A Akan Gunakan Teknologi Video

Sabtu 18 Februari 2017 15:32 WIB

Offside.co.id – Kompetisi Serie-A terus berbenah dan berinovasi. Setelah beberapa musim yang lalu menggunakan lima wasit kini strata tertinggi sepak bola Italia itu menggunakan teknologi video. Hal ini ditegaskan langsung oleh asosiasi sepakbola Italia, FIGC.

FIGC menyatakan kompetisi Serie-A telah siap menggunakan teknologi video dengan menerapkan sistem Video Assistant Referee (VAR) sejak September lalu. Itu akan terlaksana andai saja pihak FIFA memberikan izin.

“Setelah FIFA memutuskan fase percobaan telah berakhir dan memberi izin untuk menggunakannya, federasi kami siap menerapkannya bahkan sejak September lalu. Kami telah menjadi yang pertama di dunia dalam melakukan percobaan teknologi tersebut di bawah pengawasan mantan wasit Roberto Rosetti,” ujar direktur umum FIGC Michele Uva pada Football Italia, Sabtu (18/2).

Jika diizinkan, penggunaan teknologi video dalam pertandingan Serie-A hanya butuh tambahan ofisial dua orang. Mereka bertugas untuk mengamati jalannya laga lewat rekaman video dan akan mengamati detail rekaman peristiwa penting yang bisa menyebabkan terjadinya hukuman penalti, terciptanya gol, dan kartu merah. Setelah itu, mereka akan memberi rekomendasi kepada wasit utama yang tetap akan mengambil keputusan akhir.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni