Offside.co.id

Ada yang ‘Nyeker’ di Liga Pelajar U16 Piala Menpora 2016

Sabtu 30 Juli 2016 12:58 WIB

Offside.co.id –  Ada yang tak lazim dengan penyelenggaraan Liga Pelajar U16 Piala Menpora 2016 di Region Dogiyai, Papua. Di daerah itu, sebagian besar pemain yang bertanding ternyata tidak memakai sepatu alias “nyeker”.

Dogiyai adalah salah satu dari enam kabupaten/kota yang menggelar Seri Region di Papua. Lainnya adalah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Paniai-Nabire, Waropen, dan gabungan Mappi-Puncak Jaya-Jayawijaya.

Region Dogiyai sendiri diikuti delapan tim. Dari delapan tim itu hampir seluruhnya menurunkan pemain yang tidak bersepatu bola. Hanya 3-4 orang yang memakai sepatu. Itupun tidak semuanya sepatu untuk bermain bola.

“Yang pakai sepatu hanya tim dari sekitar kota Dogiya.Tim lain dari Kecamatan Kamu Selatan, Kamu Utara, dan Kamu Tengah sebagian besar nyeker. Dari Kecamatan Mapia Tengah, Mapia Timur juga demikian,” jelas Iskandar Silas Ohee, Koordinator Provinsi Papua kepada beberapa media.

Lanjut Iskandar Silas Ohee, pihaknya mengakui situasi tersebut tidak sesuai dengan aturan.Namun tetap tak bisa berbuat banyak. “Ini memang tidak sesuai regulasi. Makanya kami sudah laporkan ini ke Panpel Nasional di Jakarta,” kata Iskandar Silas Ohee, Koordinator Provinsi Papua.

Untungnya, panpel Jakarta tak mempermasalahkannya. Ada perlakuan khusus terhadap mereka. “Panpel Nasional memberi dispensasi untuk Dogiyai dengan catatan jika lolos ke Seri Provinsi Papua sudah pakai sepatu bola. Spiritnya adalah memberi kesempatan mereka untuk menunjukkan bakat dan potensinya.”

(Visited 233 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni