Offside.co.id

Akhirnya, Kemenpora Pertanyakan ‘Jabatan Aneh’ di PSSI

Minggu 29 Januari 2017 05:57 WIB

Offside.co.id – PSSI telah mengumumkan jajaran pengurus periode 2016-2020. Dari sekian jabatan yang diumumkan, ada satu posisi yang memang tak lazim. Yakni, Kepala Staf Ketua Umum (Kastaftum) yang dijabat Iwan Budianto.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun buka suara. Mereka mengingatkan PSSI, agar mengembalikan struktur kepengurusan sesuai statuta. Juru Bicara di Kemenpora, Gatot Dewa Broto mengatakan, penghapusan Wakil Ketua Umum (Waketum) II tak sesuai dengan aturan diinternalnya sendiri.

“Kami masih beranggrapan positif. Tapi PSSI tetap harus menjelaskan, biar tidak confused,” ujar Gatot, Sabtu, (28/1). “Ketentuan di statuta PSSI, Waketum itu ada dua,” sambung dia.

Sementara itu, anggota Exco PSSI, Gusti Randa, menerangkan, istilah Kastaftum memang tak dikenal dalam statuta. Jika pun dikenalkan, kata Gusti, maka persetujuannya lewat Kongres PSSI. Tapi, Kongres Tahunan PSSI 2017, awal bulan lalu, tak ada membahas tentang Kastaftum dan pencoretan jabatan Waketum.

Hanya saja, Ketua Exco bidang Hukum PSSI tersebut, menjelaskan, istilah Kastaftum dan Waketum sebetulnya sama saja. “Itu istilah di internal saja. Fungsinya (Kastataftum) sama saja seperti wakil ketua umum,” bilang dia

(Visited 3.934 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni