Offside.co.id

Akhirnya, PSSI Sahkan Regulasi Baru

Jumat 14 April 2017 06:05 WIB

Offside.co.id – Polemik aturan baru di Liga 1 akhirnya terjawab. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengesahkan regulasi Liga 1 2017. Dalam aturan kompetisi sepak bola nasional tersebut, disebutkan tentang aturan pemain dan cadangan serta kewajiban kesebelasan atas pesepak bola berusia 23 tahun (U-23).

Dalam aturan anyar yang disahkan PSSI, masing-masing tim diizinkan mendaftarkan jumlah pemain sebanyak 30 nama. “Sekurang-kurangnya mendaftarkan sebanyak 18 pemain,” demikian regulasi resmi Liga 1 yang diterima wartawan di Jakarta, pada Kamis (13/4).

Adapun pendaftaran pemain, dimulai pada 1 sampai 30 April mendatang. Soal komposisi pemain tersebut, PSSI menerbitakan aturan baru dan berbeda. Federasi nasional, mengharuskan setiap kesebelasan mendaftarkan lima pemain U-23. Kelahiran maksimal 1 Januari 1995.

Lalu, di antara Lima pemain muda tersebut, tiga di antaranya diharuskan bermain minimal 45 dari 90 menit waktu normal pertandingan. Sedangkan dua pemain U-23 lainnya, harus didaftarkan sebagai pemain cadangan.

Soal pemain cadangan, PSSI pun menetapkan aturan baru. Yaitu, dengan membolehkan masing-masing kepelatihan mengganti pemain sebanyak lima kali. Penjelasannya, dari lima kali pergantian tersebut, tiga di antaranya boleh dengan pemain non U-23. Sedangkan dua lainnya, diharuskan sebagai pengganti U-23.

Aturan pemain cadangan ini, sebenarnya sempat jadi kontroversi. Alasannya, berseberangan dengan regulasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang hanya membolehkan tiga kali pergantian pemain. Namun, PSSI tak bergeming. “Kecuali ditetapkan lain oleh FIFA dan atau PSSI, lima pemain cadangan yang terdaftar dalam formulir pertandingan dapat bermain,” demikian penjelasan dari regulasi tersebut.

(Visited 637 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni