Offside.co.id

Alfred Riedl, We Need You!

Selasa 20 Desember 2016 07:20 WIB

Kolom Hanif Marjuni, Jurnalis Offside.co.id

“You need me?” Itu kalimat yang selalu muncul dari Alfred Riedl sekitar enam tahun lalu. Kata-kata itu terlontar usai melatih timnas dan menemui beberapa media yang dengan sabar menunggunya di pinggir lapangan.

Belakangan, kalimat itu tak muncul lagi dari mulut pelatih yang jarang tersenyum ini. Seperti biasa, ia lebih suka langsung menuju deretan media yang menantinya. “Ada pertanyaan buat saya?” Begitu kalimat pembuka yang ia lontarkan ke media sebelum berangkat ke Piala AFF 2016, bulan lalu.

BACA JUGA :   Jadi Provokator Keributan Liga China, Oscar Dihukum

Ketika meladeni media, Riedl tak asal ngomong. Ia memikirkan dulu jawaban lugas yang harus dibeberkan ke jurnalis. Ia  seolah-olah sangat paham mana yang bisa dipublikasikan ke media dan urusan apa saja yang hanya untuk konsumsi internal tim.

Mantan pemain Austria Wien, Sint-Truiden, FC Antwerp, FC Metz, Grazer AK, Wiener Sportclub dan VfB Modling ini juga tegas ke pemain soal urusan komunikasi ke publik. Ia ingin semuanya satu pintu. Cukup dari pelatih yang berkomentar ke media. Bukan pemain.

BACA JUGA :   Barcelona Dapatkan Lucas Lima dari Santos

Masih ingat di persiapan Piala AFF 2010 silam. Pemain sekelas Firman Utina, Cristian Gonzales, Ahmad Bustomi, bahkan Bambang Pamungkas pun, enggan berkomentar ke media. Soal tim, semua diserahkan ke Riedl.

Alfred Riedl memberikan instruksi kepada calon pemain pengganti pada laga melawan Malaysia. (Foto: Bakhtiar Majid/ Offside.co.id)

(Visited 599 times, 3 visits today)
Editor: Hanif Marjuni