Offside.co.id

Asyik, DPR Setuju Ezra Walian Dinaturalisasi

Jumat 17 Maret 2017 00:30 WIB

Offside.co.id – Proses naturalisasi Ezra Walian akhirnya selesai. Komisi X di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menyetujui permintaan pemerintah agar pebola asal Belanda tersebut berpaspor Indonesia.

“Komisi X DPR-RI dapat menyetujui kewarganegaraan RI atas nama Ezra Harm Ruud Walian dan Glenn Arthur Walian,” demikian isi resmi keputusan bersama antara Menpora Imam dan Komisi X DPR, di Jakarta, Kamis (16/3).

Berikutnya, dalam amar keputusan tersebut, komisi bidang olahraga dan pendidikan tersebut meminta pemerintah, menetapkan status WNI striker Ajax Amsterdam tersebut.

Ezra memang punya keturunan Indonesia. Ayahnya, Glenn merupakan orang Manado, Sulawesi Utara. Ibunya, warga asli Belanda. Ezra lahir pada 1998 silam di Amsterdam. Saat ini, usianya 19 tahun dan punya kans masuk dalam timnas U-22.

Sejak beberapa bulan yang lalu, Ezra berhara bisa menjadi WNI dan memperkuat timnas Indonesia. Keinginan itu pun mendapatkan sambutan positif dari ketua umum PSSI. Ditambah lagi, Indonesia memang tengah membentuk tim muda berkualitas untuk persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Tak heran, jika Menpora Imam Nahrawi pun mengakui, ada proses percepatan pada pemberian status WNI bagi Ezra.  Alasannya, murni untuk kebutuhan timnas Garuda Indonesia.

(Visited 207 times, 2 visits today)
Editor: Hanif Marjuni