Offside.co.id

BOPI Rekomendasikan Bergulirnya Liga 1

Sabtu 11 Mei 2019 09:18 WIB

Offside.co.id – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyelenggarakan kompetisi sepakbola terbesar di Indonesia Liga 1 2019 yang rencananya digulirkan 15 Mei mendatang.

Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera di Jakarta, Jumat menyatakan proses verifikasi untuk memberi rekomendasi PT LIB dilakukan selama 30 hari sejak April. BOPI juga turun langsung ke lapangan. Demikian seperti dilansir dari Antaranews.

“Mulai dari segi finansial hingga kelengkapan legalitas menurut peraturan perundangan Republik Indonesia, serta verifikasi peserta Liga 1 2019. Itu yang kami lakukan, sudah verifikasi dan hari ini telah kami selesaikan. Kami berikan rekomendasi kepada PT LIB,” ujar Richard

BOPI berharap PT LIB, sebagai operator Liga 1 2019 dapat bekerja secara profesional dan bertanggung jawab setelah rekomendasi tersebut diberikan.

BACA JUGA :   Timnas Realistis Hadapi Persaingan Grup G

Selain itu, BOPI juga menekankan untuk tidak ada lagi aksi kekerasan selama berlangsungnya musim kompetisi.

“BOPI akan bereaksi tegas jika hal yang tidak diinginkan terjadi di kompetisi Liga 1 2019,” ujar mantan atlet renang nasional itu.

Kemudian, BOPI menginginkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai lembaga yang menaungi sepak bola profesional Indonesia agar dapat adil, transparan dan bertanggung jawab selama berlangsungnya Liga 1 2019.

Richard juga menuntut sikap profesionalisme seluruh klub yang berpartisipasi dan para pebisnis saat Liga 1 2019 berlangsung.

“BOPI berharap ketidakmampuan klub membayar gaji para pemain di tengah musim kompetisi, tidak terjadi lagi,” ujar Richard.

Kepada para pemain di Liga 1, BOPI mengimbau bersikap sportif dan profesional, serta menjadi contoh bagi suporter dan masyarakat luas dengan tidak melakukan tindakan yang memprovokasi penonton.

BACA JUGA :   Sikat PSM, Persija Bawa Modal Penting

Sedangkan untuk suporter klub, Richard menekankan untuk menjauhi tindakan kekerasan antara suporter, meninggalkan praktik-praktik anarkis, rasialis, rasisme dan provokatif di dunia nyata maupun di dunia maya seperti media sosial.

“BOPI berharap tidak ada tawuran antarsuporter di kota manapun di Indonesia, apalagi sampai adanya korban tewas,” ujar dia.

Direktur Interim PT LIB Dirk Soplanit menyambut positif rekomendasi BOPI untuk menyelenggarakan Liga 1 2019. Dirk menyebut, meski tinggal izin pihak kepolisian belum keluar, pihaknya tidak akan mengundur jadwal “kick off” pertandingan.

“Kick off tetap 15 Mei. Tidak akan (diundur),” ujar Dirk.

Laga pembuka Liga 1 2019 akan mempertandingkan juara Piala Presiden 2019, Arema FC dengan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jawa Tengah.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply