Offside.co.id

Akhirnya, Essien Diduga Belum Kantongi Kitas

Senin 17 April 2017 11:10 WIB

Offside.co.id – Di tengah animo yang tinggi  kedatangan dua pemain bintang Persib Bandung,  Michael Essien dan Carlton Cole, muncul kabar mengejutkan. Dua bintang tenar tersebut diduga belum mengantongi Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas).

“Sekarang dia menggunakan izin tinggal apa. Makanya saya akan cek dulu,” ujar Kepala Kantor Kelas 1 Kota Bandung Maulia Purnawati, kepada wartawan, Senin (17/4).

Menurut Maulia, sebelum pihak Imigrasi mengeluarkan Kitas, pemohon harus memiliki Visa Tinggal Terbatas (Vitas) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Setelah itu, baru pihak Imigrasi mengeluarkan Kitas. “Baru masuk ke Indonesia ada Kitas,” katanya.

Sebelumnya, BOPI menemukan pelanggaran yang dilakukan PSSI bersama operator dalam pertandingan pembuka Liga 1 2017, Sabtu (15/4). Ketua tim verifikasi BOPI, Iman Suroso mengungkapkan salah satu pelanggaran adalah membiarkan pemain asing yang tak punya Kitas bisa bermain. “Menurut kami (BOPI), PSSI dan LIB sudah melanggar komitmen. Dan saya pastikan akan ada teguran,” kata dia seperti yang dikutip Republika, Ahad (16/4).

Iman menerangkan, dalam catatan pemberian rekomendasi Liga 1, BOPI dan LIB bersama PSSI, terang menyepakati tak memainkan pemain asing yang belum mengantongi Kitas. Faktanya, dalam laga tersebut, dua pemain asing milik tuan rumah, yaitu gelandang bertahan dari Ghana, Michael Essien dan striker asal Inggris Carlton Cole, teridentifikasi belum punya Kitas.  “Essien dan Cole itu masih VKU (Visa Kunjungan Usaha),” terang Iman.

(Visited 67 times, 1 visits today)
Editor: Hanif Marjuni