Offside.co.id

Catat Nilai Sempurna, Timnas U-16 Lolos ke Piala AFC

Sabtu 23 September 2017 15:52 WIB

Offside.co.id – Tim sepak bola nasional Indonesia U-16 berhasil melaju ke pertandingan utama Piala AFC 2018 setelah meraih kemenangan 3-0 atas tim Laos pada laga terakhir kualifikasi penyisihan grup G yang berlangsung di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Jumat.

Tim Garuda muda, seperti dipantau Antara dalam akun media sosial resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, mendapatkan kemenangan sempurna dalam empat kali laga penyisihan grup G dan meraih poin maksimal 12.

Kemenangan Indonesia atas Laos pada laga Jumat dipersembahkan oleh Sutan Zico pada babak pertama dan babak kedua serta oleh Rendy Juliansyah ketika mengeksekusi tendangan penalti pada tambahan waktu babak kedua.

Tim Merah-Putih telah mulai menggempur pertahanan lawan pada menit ke-19 dengan umpan silang meskipun upaya itu masih gagal. Dua kali tendangan bebas pada menit ke-20 dan ke-22 pun belum mampu menjebol gawang Laos Dim Phoutthavong.

Laos melancarkan serangan balasan pada lima menit terakhir babak pertama setelah Sutan Zico membawa keunggulan tim Indonesia 1-0. Namun, tidak satupun serangan itu menempatkan hasil imbang untuk mereka.

Pada babak kedua, pelatih Fakhri Husaini lantas mengganti dua pemain yaitu Miftahul Husyen Rahmatullah dan Brylian Negiehta Aldama dengan Mochammad Supriadi dan Rendy Juliansyah.

Tim Garuda pun kembali melancarkan aksi-aksi menembus jantung pertahanan lawan dari sayap kiri oleh Supriadi pada menit ke-52 sebelum Zico untuk kedua kalinya menjebol gawang Dim.

Pada tambahan waktu babak kedua, wasit Robert Evans dari Australia mengganjar kartu kuning untuk sang kiper Laos Dim Phoutthavong dan memberikan kesempatan tendangan penalti.

Rendy Juliansyah yang mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi tendangan penalti menuntaskan kemenangan 3-0 sekaligus menambah dominasi tim pada grup G kualifikasi Piala AFC U-16 2018.

Kemenangan empat pertandingan pada laga penyisihan grup G itu mengantarkan Indonesia pada putaran final Piala AFC U-16 yang akan berlangsung di Malaysia pada September-Oktober 2018.

Pada pertandingan pertama grup G, Sabtu (16/9), Indonesia mencetak kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara.

Kemenangan itu berlanjut pada laga kedua saat tim asuhan Fakhri Husaini itu melawan tim Timor Leste dengan hasil 3-1 pada Senin (18/9).

Indonesia kembali menang pada laga ketiga sekaligus pembalasan atas tim tuan rumah Thailand pada Piala AFF 2017 dalam pertandingan yang berlangsung Rabu (20/9) dengan hasil 1-0. (KS)

(Visited 104 times, 10 visits today)
Editor: Kesit B Handoyo